Merasa bosan dengan wisata alam,mungkin berkunjung ke Observatorium Bosscha bisa jadi salah satu solusinya .Kita bisa mengajak seluruh keluarga kita datang mengeunjungi tampat ini untuk melihat keindahan bintang-bintang di angkasa melalui teropong yang terdapat pada bangunan tersebut .

Obsrvatorium Bosscha berada di Lembang Provinsi Jawa Barat . Dengan bangunan yang memiliki bentuk menyerupai kubah ini telah berusia hampir 90 tahun, meskipun begitu bangunan tersebut masih sangat tampak kokoh .

Ada 5 buah teleskop yang terdapat di Observatorium Bosscha salah satunya adalah Teleskop Zeiss yang merupakan teleskop terbesar yang berada disana .Teleskop Zeiss juga adalah sebuah teleskop yang tertua di sana ,dengan umur teleskop yang mencapai 80 tahun ,teleskop ini memiliki 2 buah lensa objektif dengan diameter 60 cm pada masing-masing lensa dengan titik fokus 10,7 meter,teleskop ini juga bisa digunakan untuk mengamati bintang ganda visual,mengamati oposisi planet Mars,Jupiter,Saturnus,mengamati citra detail komet,mengamati planet dan benda-benda langit lainnya dan sampai saat ini Teleskop Zeiss masih berfungsi dengan sangat baik .

Berkunjung ke tempat wisata Bandung yaitu Observatorium Bosscha memiliki aturan yang cukup ketat. mengingat tempat ini bukanlah tempat wisata seperti pada umummnya, melainkan tempat penelitian. Sangat penting untuk kita mengetahui jadwal kunjungan ke tempat tersebut,ada 2 jenis kunjungan yaitu,kunjungan siang dan kunjungan malam dan setiap satu sesi kunjungan Observatorium Bosscha hanya menampung 200 orang saja .

Untuk kunjungan siang pada hari Selasa sampai Jumat hanya diperkenankan untuk rombongan pengunjung sekolah,universitas dan insantansi yang sudah melakukan perjanjian dengan pihak Observatorium Bosscha dengan minimal 25 orang peserta. Bila kita datang perorangan atau dengan keluarga pada hari tersebut kemungkinan besar tidak dapat masuk terkecuali peserta kurang dari 200 orang .

Kunjungan sesi siang pada hari sabtu ,pengunjung keluarga atau perorangan dapat melihat kinerja langsung Teleskop Zeiss (tanpa meneropong). Tetapi sungguh sangat di sayangkan kalau kita berkunjung pada kunjungan siang,kita tidak dapat meneropong langsung bintang-bintang melalui Teleskop.

Kemudian jika kalian ingin meneropong melihat bintang melalui teropong, datanglah pada kunjungan malam dengan membayar sejumlah uang untuk bisa menikmati pemandangan angkasa pada malam hari melalui Teleskop. Meskipun kita tidak dapat meneropong dengan menggunakan teleskop yang paling besar tapi kita bisa menggunakan Teleskop Bemberg dan Unitron untuk dapat melihat benda-benda angkasa pada malam hari saat musim kemarau, pada Bulan April hingga Oktober saja .