Msumber : pinterest.com

Tidak sedikit orang yang memilih sepeda lipat karena jauh lebih praktis jika dibandingkan dengan sepeda pada umumnya. Ya, sepeda lipat memang bisa dibawa kemana-mana. Selain itu, desain dari sepeda lipat ini sendiri pun tampak lebih sporty.

Tak hanya itu, bahkan sepeda lipat juga bisa digunakan oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Akan tetapi, sebelum membeli sepeda lipat, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Berikut ini beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum beli sepeda lipat terbaru.

  1. Sesuaikan dengan Ukuran Si Pengguna

sumber : pinterest.com

Sepeda lipat untuk anak-anak dan untuk orang dewasa tentu saja memiliki ukuran yang berbeda. Jadi, sebelum beli sepeda lipat terbaru pastikan bahwa sepeda tersebut sesuai dengan usia serta tinggi badan.

Jangan sampai sepeda lipat yang kamu beli tidak nyaman untuk digunakan karena terlalu kecil atau terlalu tinggi.

2. Pilihlah yang Mudah Dilipat

sumber : pinterest.com

Sepeda lipat memang bisa dibawa kemana saja. kamu hanya tinggal melipatnya jika ingin membawanya ke suatu tempat. Nah, pastikan bahwa kamu membeli sepeda lipat yang mudah untuk dilipat. Tentunya, sepeda yang mudah dilipat akan mudah dibawa kemana saja. kamu pun bisa membawanya saat berlibur.

3. Perhatikan Ukuran Roda

sumber : pinterest.com

Jika kamu ingin beli sepeda lipat terbaru ternyata kamu juga harus melihat ukuran rodanya. Terdapat beberapa ukuran dari roda sepeda lipat. Untuk sepeda lipat dengan ukuran roda 16 inch hingga 20 inch memang lebih mudah dilipat sehingga kamu tidak akan kesusahan saat membawanya pergi.

Ada pula sepeda lipat dengan ukuran roda 24 inch hingga 26 inch. Sepeda tersebut jauh lebih nyaman jika digunakan. Nah, kamu hanya tinggal memilih jenis sepeda lipat berdasarkan ukuran rodanya. Pilih sepeda lipat sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Pilihlah Sepeda Lipat dengan Merk yang Berkualitas

sumber : pinterest.com

Harga sepeda lipat yang bermerk tentu akan lebih mahal jika dibandingkan dengan sepeda lipat yang biasa aja. Akan tetapi, sepeda lipat yang bermerk pastinya memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan sepeda lipat yang biasa saja.

Oleh karena itu, tidak mengapa jika kamu harus membeli sepeda lipat yang bermerk dengan harga sedikit lebih mahal. Komponen yang ada di sepeda lipat tersebut juga jauh lebih lengkap dan terjamin.

Jadi, kamu tak perlu khawatir jika sepeda lipat tersebut akan cepat rusak jika digunakan secara terus-menerus. Jadi, bagi kamu yang ingin mendapatkan sepeda lipat terbaik dan berkualitas, jangan ragu untuk membeli sepeda yang bermerk meski memiliki harga yang sedikit lebih mahal.

5. Perhatikan Seatpost dan Ukuran Frame

sumber : Shopee.co.id

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan dengan baik adalah bagian seatpost serta ukuran frame yang dimilikinya. kamu harus menyesuaikan seatpost dan ukuran frame dengan postur tubuh. Ini dimaksudkan supaya kamu bisa berkendara dengan nyaman.

Tidak sedikit orang yang malah tergiur dengan desain dari sepeda lipat tanpa memperhatikan bagian seatpost dan ukuran frame. Padahal, kedua bagian tersebut yang akan membuat kamu merasa lebih nyaman saat digunakan.

Itulah tips yang bisa kamu lakukan sebelum beli sepeda lipat terbaru. Saat ini memang ada banyak toko yang menjual sepeda lipat. Akan tetapi, sebelum membelinya kamu harus memperhatikan beberapa tips di atas.

Tak cukup sampai disitu saja, ternyata cara menggunakan sepeda lipat tidak seperti sepeda pada umumnya. Ini karena komponen yang ada di sepeda lipat berbeda dengan sepeda lainnya. Lalu, bagaimana cara menggunakan sepeda lipat yang baik dan benar? Berikut ini pembahasannya.

6. Hindari Medan yang Berat

Ternyata, sepeda lipat tidak didesain untuk melewati medan yang berat (off road). Tak hanya itu, bahkan jenis sepeda ini juga tidak bisa digunakan freestyle. Oleh karena itu, gunakanlah sepeda lipat hanya pada jalanan aspal yang rata.

  1. Hindari Jalanan yang Berlubang

Sepeda lipat memang sangat berbeda dengan beberapa jenis sepeda pada umumnya. Jika beberapa jenis sepeda lainnya bisa digunakan untuk melewati jalan berlubang, lain halnya dengan sepeda lipat.

Sepeda lipat tidak bisa digunakan di jalanan yang berlubang ataupun jalanan yang tidak rata seperti polisi tidur. Ini karena sepeda lipat tidak dilengkapi dengan shock depan.

  1. Hindari Menggunakan Sepeda Lipat di Tempat yang Kotor

Jika kamu menggunakan sepeda lipat di daerah yang kotor atau berlumpur, maka akan membuatnya menjadi lebih cepat rusak.

  1. Perhatikan Cara Mencuci Sepeda Lipat

Mencuci sepeda lipat juga tidak boleh sembarangan, dimana kamu tidak boleh mencuci sepeda dengan semprotan air yang keras dan deras. Hal tersebut bisa membuat air masuk ke dalam sela-sela komponen sehingga lama-kelamaan akan membuatnya menjadi berkarat. Siram perlahan dan jangan lupa lap sepeda agar cepat kering.

Demikian cara menggunakan sepeda lipat yang benar. Jadi, ketika kamu sudah beli sepeda lipat terbaru jangan lupa untuk merawatnya dengan baik. Ini karena sepeda tersebut berbeda dengan beberapa jenis sepeda pada umumnya.