College In Indonesia
College In Indonesia

Pendidikan dokter merupakan jurusan favorit bagi calon mahasiswa yang berasal dari konsentrasi IPA ketika di bangku SMA. Di Indonesia sendiri sudah banyak universitas baik negeri mau pun swasta yang menawarkan pendidikan kedokteran untuk membantu generasi bangsa menjadi dokter yang hebat di kemudian hari. Salah satu Universitas yang terkenal dengan pendidikan kedokterannya adalah Universitas Indonesia. Pembahasan mengenai pendidikan kedokteran Universitas Indonesia akan dibahas lebih lanjut di artikel dengan judul medicine college in Indonesia.

Pendidikan kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menduduki peringkat pertama dalam Pendidikan kedokteran terbaik di antara universitas universitas yang ada di Indonesia. Pendidikan kedokteran sendiri berpusat di kampus utama Universitas Indonesia yang terdapat di Depok, Jawa Barat. Untuk menyelesaikan pendidikan kedokteran, setiap mahasiswa wajib untuk menyelesaikan minimal 144 sks yang diselesaikan dalam waktu normal 7 atau 8 semester. Kurikulum pendidikan di Pendidikan kedokteran Universitas Indonesia telah disesuaikan dengan Program Standar Internasional dari Federasi Kedokteran Dunia.

Untuk ke pendidikan kedokteran dibagi menjadi dua program pendidikan sarjana, yaitu program pendidikan sarjana reguler dan program pendidikan sarjana Internasional. Untuk program pendidikan sarjana reguler hanya akan mendapatkan gelar (S.Ked) saat menyelesaikan pendidikannya. Sedangkan, program pendidikan sarjana Internasional akan mendapatkan gelar lebih yakni (a) Bachelor Science from University of Melbourne, Australia, (b) Bachelor of Medical Science from Monash University, Australia, dan (c) Master of Research from University of Newcastle Upon Tyne, UK.   

Setelah menyelesaikan pendidikan dan melanjutkan ke profesi untuk mendapatkan lisensi dokter. Anda dapat meneruskan pendidikan anda di bidang spesialis. Universitas Indonesia juga menyediakan beberapa pilihan jurusan spesialis kedokteran terbaik yang akan membantu anda menjadi seorang dokter yang berkualitas tinggi. Pendidikan dokter spesialis tersebut dapat anda selesaikan dalam waktu 4 semester atau 10 semester, sesuai dengan bidang spesialis yang anda pilih. Semakin sulit bidang yang anda pilih maka akan semakin lama masa studinya. Demikianlah pembahasan terkait medicine college in Indonesia. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan balasan