Berdasarkan teori multiple intelligence yang menyatakan bahwa setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda, maka setiap anak membutuhkan pelatihan kecerdasan yang berbeda pula. Sebagai orang tua, anda perlu mengetahui bahwa setiap anak tidak bisa disamakan satu sama lain karena masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan yang tidak sama. Untuk memaksimalkan kecerdasan yang dimiliki si kecil, sebaiknya melatih kecerdasan perlu dilakukan sejak dini.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui apabila anda ingin menerapkan dan melatih kecerdasan majemuk yang dimiliki anak tercinta, antara lain:

  1. Kembangkan secara betahap.

Seperti yang kita tahu, semua hal membutuhkan proses yang alamiah sehingga pengembangan kecerdasan anak harus dilalui secara bertahap sesuai tumbuh kembangnya.

  1. Perhatikan perkembangan anak.

Kecerdasan bisa muncul secara natural dan bila sudah terlihat, anda dapat berasumsi termasuk kategori manakah kecerdasan yang dimiliki anak.

Pengarahan secara tepat sesuai dengan kecerdasan yang anak miliki wajib dilakukan untuk mengoptimalkan potensi yang ada.

Harus diingat bahwa setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan semua tidak hanya berpedoman pada satu sisi. Lihat dan sadarilah bahwa semua anak memiliki kepandaian di bidang tertentu dan tidak bisa disamakan dengan teman sebayanya. Melatih multiple intelligence sesuai kepribadian anak oleh para orang tua harus dilakukan agar potensi yang dimilikinya dapat terus berkembang dan kekurangan yang ada dalam dirinya dapat terlatih secara bertahap.