lahan sawit
lahan sawit

Bagi sebagian orang yang mempunyai sebuah usaha dalam bidang pertanian memang menjadi sebuah hal yang penting untuk di jadikan perhatian. Misalnya saja dengan mempertimbangkan sifat tanah dan kesuburan yang di miliki tanah tersebut. Sehingga tanah yang akan di pakai mempunyai kualitas yang baik yang akan menghasilkan tumbuhan yang bagus pula. Dengan demkian pemilihan tanah sangatlah berpengaruh terhadap hasil yang di tanam. Oleh karena itu saya akan berbagi sedikit informasi mengenai tata cara membuka sebuah lahan sawit.

Berikut adalah tata cara membuka sebuah lahan sawit :

  1. Faktor ketinggian

Salah satu faktor yang harus di perhatikan adalah ketinggian. Pilihlah tanah yang memilki ketinggian 400 m di atas permukaan laut walaupun sawit dapat tumbuh di atas permukaan laut dengan ketinggian mencapai 1000 m.

  1. Faktor topografi

Sebaiknya kelapa sawit di tanan pada lahan yang mempunyai kemiringan lereng 21 % . walaupun lahan yang mempunyai kemiringan di atas 21 % masih bisa di tumbuhi kelapa sawit, tetapi hasil yang di peroleh kurang baik.

  1. Faktor drainase

Salah satu faktor penting yakni memperhatikan drainase supaya tetap terjaga fungsinya. Hal tersebut sangatlah berpengaruh terhadap kelapa sawit yang di sinyalir tidak menyukai genangan air.

  1. Faktor tanah

Perhatikanlah jenis tanah yang cocok untuk kelapa sawit, karena tidak semua tanah dapat menghasilkan kelapa sawit yang bagus.

  1. Faktor iklim

Faktor iklim juga menjadi salah satu faktor penting, karena proses fisiologi kelapa sawit seperti pembuahan, pembentukan bunga dan proses asimilasi menjadi terpengaruh. Oleh karena itu perhatikanlah lahan tersebut apakah memiliki iklim yang cocok untuk membuka lahan kelapa sawit.

Demikianlah tata cara membangun lahan untuk kelapa sawit.