belajar berhitung
belajar berhitung

Kemampuan berhitung pada anak merupakan salah satu kemampuan yang wajib di miliki setiap orang sejak anak-anak. Kemampuan berhitung merupakan modal awal yang harus dimiliki untuk menghadapi berbagai pelajaran yang lebih sulit di masa yang akan datang di berbagai bangku persekolahan. Oleh karenanya penting bagi anak untuk belajar berhitung dari sejak kecil. Untuk membantu anak dalam belajar untuk berhitung maka, orang tua harus senantiasa melakukan berbagai usaha untuk mendukung muncul dan berkembangnya kemampuan berhitung pada diri anak. Beberapa cara berikut ini bisa anda gunakan untuk mengajarkan berhitung kepada anak dengan cepat dan tepat.

Pertama, mulailah mengajarkan berhitung dengan tidak langsung mengajarkan urutan angka satu, dua, tiga, empat, dan seterusnya kepada anak. Akan tetapi mulailah mengajarkan berhitung dengan anak mengenal jumlah dari setiap angka. Bisa saja anda mulai mengajarkan anak untuk membagikan satu benda untuk satu orang atau satu benda ke dalam satu lubang. Hal tersebut bisa dengan menerapkan permainan seperti congkak atau permainan sejenis lainnya. Hal tersebut tentu dapat semakin memacu anak untuk belajar berhitung sekaligus membuat anak mengerti makna dari suatu angka. Setelah itu, anda dapat mengajarkan angka berurutan dan sekaligus mengenalkan simbol-simbol angka hingga si kecil mengenal bentuk dan makna angka tersebut

Kedua, setelah mengajarkan angka itu sendiri, anada dapat mulai mengajarkan kepada anak konsep pengurangan dan penambahan dalam bentuk yang sederhana melalui berbagai permainan seperti yang disebutkan diatas dengan congkak atau yang lainnya. Untuk lebih mudah anda dapat mengajarkan penambahan dan pengurangan melalui cara kepalan tangan. Hal tersebut membuat anak belajar berhitung dengan lebih sederhana lagi.

Konsep penambahan dan pengurangan yang diajarkan melalui kepalan tangan dapat digambarkan misalkan dengan membuka 3 jari tangan kanan dan ditambahkan dengan kepalan tangan kiri yang jarinya terbuka sebanyak 1, artinya ada penambahan antara 3+1, disitu anak harus menghitung jumlah keseluruhan hasil penambahan jari tangan kanan dan tangan kiri. Hal seperti itu dapat memudahkan mengajar berhitung kepada anak dengan lebih cepat difahami anak.

Tinggalkan balasan