Memiliki wajah dengan bekas jerawat memang cukup mengganggu. Tidak hanya membuat kulit tidak lagi terlihat halus tapi juga menurunkan kepercayaan diri seseorang. Memang terdapat bermacam jenis perawatan termasuk cara alami untuk menghilangkan bekas jerawat . Namun tidak serta merta bekas jerawat akan menghilang dari kulit setelah melakukan perawatan-perawatan tersebut.

Menghilangkan bekas jerawat memang membutuhkan waktu lama dan butuh kesabaran dan ketekunan agar perawatan tidak berhenti di tengah jalan. Akan tetapi, walaupun sudah menjalankan terapi selama berbulan-bulan atau bahkan satu tahun, belum tentu bekas jerawat dapat menghilang. Pengobatan dokter spesialis kulit yang dikenal ampuh menghilangkan bekas jerawat seperti penggunaan laser dan mikrodermabrasi juga tidak sepenuhnya menjamin bekas jerawat akan 100% menghilang. Apalagi jika menggunakan cara-cara tradisional untuk menghilangkan bekas tersebut. Walaupun minim efek samping, namun prosesnya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Menurut dokter spesialis kulit, mengapa bekas jerawat tak kunjung hilang meskipun sudah melakukan perawatan laser dan mikrodermabrasi karena keberhasilan terapi ditentukan oleh tingkat jaringan parut yang ditimbulkan oleh bekas jerawat. Pada perawatan laser dan mikrodermabrasi, ada maksimal kedalaman pencapaian alat untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak tersebut. Apabila jaringan parut yang ditimbulkan tidak terlalu dalam, tentu bekasnya dapat hilang setelah melakukan beberapa kali perawatan.

Sedangkan apabila jaringan parut yang ditinggalkan terlalu dalam, maka yang bisa di lakukan oleh perawatan tersebut hanya memperbaiki jaringan namun tidak bisa menghilangkan bekas jerawat 100%. Apabila anda memilih menggunakan cara alami dalam menghilangkan bekas jerawat dan jaringan parut, bahan-bahan alami tersebut dapat meresap ke dalam kulit hingga mencapai kedalaman lebih dibandingkan laser atau mikrodermabrasi. Tapi semakin bertambahnya usia seseorang, kecepatan regenerasi kulit juga akan semakin menurun.

Sehingga jika anda sudah dewasa, produksi kolagen yang dapat memperbaiki jaringan kulit yang rusak akan menurun sehingga proses menghilangkan bekas jerawat juga tidak akan maksimal. Walaupun anda sudah menggunakan cara pengobatan dokter sekaligus cara alami, tidak dapat menjamin bekas jerawat akan hilang sepenuhnya. Oleh karena itu, dokter memberi saran bahwa cara paling tepat untuk mencegah bekas jerawat membandel adalah dengan tidak berjerawat. Akan lebih mudah mencegah jerawat muncul dibandingkan menghilangkan bekas jerawat tersebut.