029 - ZWT - Diaper rash
029 - ZWT - Diaper rash

Bayi biasanya akan mengalami diaper rash atau ruam popok. Hal ini bisa ditandai dengan melihat bagian paha si kecil, bila mengalaminya kan ada bintil-bintil merah. Walaupun popok diganti secara berkala ternyata hal tersebut tidak menjadi sebuah solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini. Solusinya adalah dengan menggunakan salep yang memiliki kandungan Zinc. Bayi sebaiknya jangan dibiasakan untuk memakai popok yang instan, tetapi gunakanlah popok kain biasa supaya tidak timbul masalah serius.

Iritasi kulit pada bayi ini biasanya berkembang pada bagian yang tertutup oleh popok. Untuk menghindari hal semacam ini maka gunakanlah kain atau celana bayi si kecil dan jangan beri popok instan karena kulitnya masih sensitif. Berikut beberapa penyakit yang dapat dialami bayi:

1. Ruam yang disebabkan karena penggunaan popok secara langsung atau tidak langsung. Kondisi ini termasuk dermatosis seperti dermatitis kontak iritan.
2. Ruam yang munculnya dibagian lain namun dapat menyebar pada bagian paha yang iritasi karena penggunaan popok yang lama. Hal ini termasuk dermatitis atopik.
3. Ruam yang munculnya pada daerah popok namun asalnya bukan dari popok tersebut. Hal ini termasuk ruam yang berhubungan dengan impetigo bullosa.

Untuk mengatasi diaper rash pada bayi anda tidak perlu panik, cukup menggunakan zwitsal diaper rash yang mengandung zinc.