pengelolaan sampah
pengelolaan sampah

Pengelolaan sampah memang seharusnya dilakukan sebijak dan sebaik mungkin untuk kepentingan lingkungan bersama. Bisa dimulai dari rumah sendiri dan menular pengelolaannya menuju lingkungan sekitar rumah.

Misalnya dengan membedakan jenis sampah dan memakai kotak sampah yang berbeda variannya. Sampah yang mudah hancur seperti kaca, daun atau kertas serta sampah-sampah kecil misalnya dimuat dalam satu kotak. Sementara sampah yang tidak mudah hancur seperti plastik juga beserta sampah basah bisa dimuat di kotak lain. Dengan adanya pengelolaan dan pengaturan semacam ini maka juga membantu memudahkan pekerjaan pengangkut sampah, selain itu membuat kita tahu akan pentingnya pengelolaan tempat sampah menurut jenisnya.

Selain pengelolaan dan pengaturan sampah di lingkungan rumah sendiri, kita bisa mengusulkan pada kepala RT/RW setempat untuk melakukan gotong royong bersama setiap bulan agar para warga rajin dengan kegiatan membersihkan sampah. Selain acara seperti ini akan menonjolkan semangat gotong royong dan kekeluargaan antar warga, pembelajaran tentang pengelolaan sampah yang baik pun bisa dimengerti oleh setiap orang. Aksi seperti inilah yang dapat menularkan pembelajaran tentang pentingnya merawat kebersihan, mengelola sampah menurut jenisnya, juga akan membuat kebiasaan membuang sampah sembarangan perlahan mulai hilang. Dengan ini dijamin, aksi kebersihan tak hanya diterapkan di lingkungan rumah sendiri namun juga akan menulari lingkungan sekitar bahkan sampai lingkungan kompleks.