Di masa lampau masyarakat Indonesia mungkin masih menggunakan alat pembayaran dengan sistem barter atau pertukaran barang. Namun seiring kemajuan perekonomian, kini mereka sudah menggunakan alat pembayaran yang sah. Di Indonesia sendiri memiliki dua sistem pembayaran yang dianggap sah, yaitu sistem pembayaran tunai dan non tunai. Ke dua jenis alat pembayaran tersebut tentu memiliki kelebihan dan kelamahan masing-masing. Nah untuk menambah pengetahuan anda seputar sistem dan alat pembayaran yang sah di Indonesia, ada baiknya bila anda menyimak ulasan berikut.

Mengenal Sistem dan Alat Pembayaran yang Sah di Indonesia seperti Dompetku Plus

Mengenal Sistem dan Alat Pembayaran yang Sah di Indonesia
Mengenal Sistem dan Alat Pembayaran yang Sah di Indonesia
  1. Sistem pembayaran tunai.

Setelah dinyatakan merdeka, Indonesia sudah menggunakan sistem & alat pembayaran dalam bentuk uang tunai yaitu berupa rupiah. Dengan persetujuan presiden pada waktu itu, Bank Indonesia menerbitkan mata uang yang sah dan sampai sekarang digunakan sebagai alat pembayaran. Uang tunai yang beredar sendiri memiliki dua jenis yang berbeda, pertama uang tunai berupa kertas dan logam.

Dari waktu ke waktu mata uang yang beredar sudah pernah mengalami beberapa pergantian desain. Konon katanya pergantian disain ini dimaksutkan untuk alasan penyegaran.

  1. Sistem pembayaran non tunai.

Beralih membahas sistem pembayaran non tunai, jenis pembayaran ini mungkin bisa dibilang sudah modern. Sistem pembayaran non tunai sendiri dapat dibedakan menjadi dua jenis, adapun jenis-jenisnya dapat dikategorikan sebagai berikut.

  1. Berbasis kertas.

Meski sudah dianggap kurang efisien lagi, namun sistem pembayaran ini tetap banyak digunakan di instansi atau perusahaan-perusahaan besar. Para penggunanya masih mempercayakan alat pembayaran berbasis kertas karena dianggap aman untuk melakukan transaksi dalam jumlah besar. Alat pembayaran berbasis ini dapat dibedakan menjadi tiga jenis, diantaranya ialah cek, nota debet, dan yang terakhir bilyet giro.

  1. Berbasis elektronik.

Sistem pembayaran berbasis elektronik memang sangat menggantungkan pada jaringan internet untuk menyuportnya. Namun karena kelebihannya, membuat sistem pembayaran berbasis elektronik sekarang ini banyak sekali penggunanya. Alat pembayaran berbasis elektronik dikenal karena lebih aman digunakan.

Nah bila selama ini anda hanya menggunakan alat pembayaran elektronik berupa kartu ATM/ kredit, sekali-kali tak ada salahnya anda mencoba menggunakan layanan e-money dalam bertransaksi. Salah satu aplikasi yang siap membantu anda dalam proses pembayaran ialah Dompetku.

Terima kasih sudah berkunjung ya teman 🙂