Smart Kapp 84

Interactive smartboard – atau juga dikenal sebagai smartboard, adalah tampilan interaktif dalam format papan tulis yang bereaksi terhadap input pengguna secara langsung atau melalui perangkat lain. Interactive smartboard alat canggih ini merupakan buah dari pengembangan teknologi yan kini semakin berkembang pesat. Pengambangan alat ini berasal dari papan tulis yang biasa digunakan dengan board maker atau kapur.

Untuk sementara, papan tulis konvensional yang menggunakan tinta atau bahkan kapur telah digunakan secara umum sebagai cara orang dapat berbagi menyampaikan pesan atau menyajikan informasi, dan terlibat dalam brainstorming kolaboratif serta pengembangan gagasan. Dengan tujuan kooperatif yang sama, papan tulis interaktif memiliki kemampuan untuk terhubung ke internet dan langsung mendigitalkan tugas dan apa yang tertulis ti atasnya.

Interactive smartboard

Teknologi di balik papan tulis interaktif ini sangat bervariasi, antara lain adalah layar dengan format besar, sistem mandiri pada chip serta kombinasi proyektor video atau proyektor cerdas yang dapat dihubungkan dengan tablet atau perangkat lain dengan driver untuk interaksi pengguna. Bentuk operasional alat ini sering dilakukan dengan sentuhan inframerah atau resistif , pulpen magnetik atau ultrasonik.

Dengan alat ini keyboard atau sentuhan alphabet tiap karakter sepeti tidak digunakan lagi. Selain itu perangkat lunak papan tulis interaktif sudah mencakup diagram, jajak pendapat, dan grafik yang mudah digunakan, termasuk alat-alat yang mungkin ditemukan di kelas seperti kompas atau busur. Alat ini sangat memungkinkan untuk memainkan berbagai jenis media dan memberi pelajaran interaktif kepada siswa.

Selain tepat digunakan sebagai media pembelajaran, papan tulis ini juga cocok digunakan dalam perusahaan. Perusahaan tentu memiliki agenda pertemuan atau rapat yang melibatkan banyak orang. Pada sesi presentasi misalnya, seseorang akan mempersiapkan slide presentasi pada laptop. Ketika muncul saran atau kritik perubahan pada konsep dan gagasan dalam slide, maka perlu merubah secara manual.

Tinggalkan balasan