Mengetahui Lebih Jelas Tentang Polis Asuransi

Kebutuhan akan perlindungan harus selalu diutamakan agar anda merasa nyaman, bentuk dari perlindungan yang bisa anda beli adalah dengan membeli polis asuransi. Polis adalah dokumen yang memuat tentang kontrak perjanjian antara penanggung dengan pihak yang bertanggung jawab. Perjanjian tersebut memuat uraian yang berisi kewajiban-kewajiban yang harus di laksanakan oleh pihak penanggung atas tanggungan yang telah diberikan oleh nasabah. Kemudian sebagai imbalan nasabah harus membayar sejumlah uang yang lebih dikenal dengan premi kepada pihak perusahaan.

Ada beberapa jenis asuransi yang bisa anda pilih untuk melindungi anda dari kerugian secara finansial. Jenis asuransi tersebut seperti asuransi kesehatan, atau asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi properti dan lain sebagainya. Apapun itu jenis asuransi di dalam hampir sama memuat beberapa bagian seperti  berikut ini.

1. Deklarasi

Pada bagian ini berisi tentang rincian dari pemegang polis seperti nama, alamat, dan identitas yang akan diasuransikan. Sebagai contoh jika anda mngasuransikan mobil, maka deklarasi ini berisi tentang model mobil, tahun pembuatan mobil, jumlah premi yang harus dibayar, dan juga ketentuan dimana asuransi itu bisa berlaku.

2. Definisi

Pada bagian ini berisi tentang makna dari kata-kata tertentu agar tidak terjadi salah tafsir, misalnya pada asuransi kesehatan dijelaskan bagaimana prosedur rawat inap/ rawat jalan, dan yang lainnya. Dalam definisi ini ada juga definisi umum yang terdiri dari pengecualian item tertutup, dan juga kondisi. Pada bagian pengecualian berisi mengenai hal-hal yang tidak disepakati sebelumnya. Pada item tertutup berisi tentang uraian jenis kejadian yang ada di dalam polis yang akan ditawarkan kepada anda. sedangkan pada bagian kondisi berisi tentang keadaan yang menyatakan bahwa pemegang polis tidak akan menerima kompensasi atau jaminan apapun apabila kerugian tersebut diakibatkan oleh kelalaian dan kesengajaan.

3. Dukungan, yaitu hal-hal lain yang bisa diperoleh oleh pemegang polis atas kebijakan tertentu.

Itulah beberapa bagian penting yang bisa anda pahami sebagai pengetahuan awal sebelum  anda memutuskan untuk membeli polis asuransi.