Sopan Santun
Sopan Santun

Sosok ibu menjadi sangat penting bagi keluarga terutama bagi anak. Karena ibu menjadi madrasah pertama bagi anak dalam mengajarkan karakter dan sopan santun. Mengajarkan kesabaran, ketegaran, dan kelemahlembutan kepada anak membuat anda menjadi sosok ibu teladan bagi anaknya.

Seorang sejarawan yang bernama washington lrving berkata bahwa ibu adalah sahabat terbaik yang selalu bersama saat suka dan duka bahkan saat kondisi dalam kegelapan sekalipun. Sosok seorang ibu menjadi sosok yang sangat krusial dan penting bagi seorang anak. Karena menjadi madrasah pertama bagi anak dalam belajar karakter dan sopan santun. Ibu pun sering digambarkan sebagai sosok malaikat nyata dalam kehidupan anaknya. Karena sosoknya yang memberi kelembutan dan kehangatan dalam kehidupan.

Pada filosofi china terdapat istilah Yin – Yang, istilah ini mendeskripsikan kekuatan yang saling berhubungan dan saling menguatkan satu sama lain. Hal ini terjadi pada suatu keluarga yang saling membutuhkan satu sama lain. Ayah membutuhkan sosok lembut dan pemberi semangat dari ibu, serta membutuhkan seorang anak sebagai penguat dan menjadi penghibur di kala banyak kesusahan. Begitu pun sebaliknya. Ibu dan anak pun membutuhkan sosok ayah di keluarga. Fungsi seorang ibu di keluarga sebagai penyeimbang antara anak dan ayah. Ketegasan ayah kepada anak diimbangi dengan kelembutan ibu kepada anak.

Sosok ibu dalam keluarga sangat fenomenal dan sangat dibutuhkan karakter hebat dan kuat. Dari ibu lah bermula segala karakter, kebiasaan positif, dan sopan santun di bentuk . Karena sopan santun merupakan suatu hal yang menjadi kebiasaan individu dengan proses yang sangat panjang. Untuk menjadi sosok ibu yang teladan bagi anaknya, ajarkanlah beberapa hal berikut ini kepada anak – anak anda:

  1. Mengajarkan kesabaran dan ketegaran

Dalam kehidupan pasti menemui masalah – masalah yang datang silih berganti. Baik masalah personal pada setiap individu, maupun masalah yang berhubungan dengan interaksi sosial bersama orang lain. Kesabaran yang ditunjukkan oleh seorang ibu dapat mengajarkan anaknya untuk melakukan hal yang serupa ketika menghadapi permasalahan yang ada. Selain itu, sikap tegar yang di bangun oleh seorang ibu pun dapat ikut menguatkan hati anaknya di kala anaknya sangat kesusahan dalam menyelesaikan masalah.

2. Mengajarkan kelemah-lembutan

Seorang anak khususnya anak laki – laki yang hidup tanpa ibu akan cenderung memiliki sikap kasar. Karena tidak diajarkan untuk peka terhadap diri sendiri maupun peka terhadap kondisi sekitar. Mulailah mengajarkan anak kelemah lembutan dalam bersikap dengan tidak menghilangkan ketegasannya.