perabot dapur 2
perabot dapur 2

Mengoleksi peralatan dapur unik dari bahan keramik memang menyenangkan. Selain modelnya yang beragam, biasanya peralatan dari keramik seperti cangkir, mangkuk sayur dan piring memliki ukiran yang cantik seperti bunga dengan pilihan warna yang beragam. Namun merawat peralatan keramik ini harus di lakukan dengan ekstra hati-hati. Berikut beberapa tips cara merawat alat dapur dari bahan keramik.

1. Bahan keramik sangat rapuh. Sedikit saja terguling atau terjatuh dapat menimbulkan retakan di permukaannya bahkan pecah. Untuk itu jika anda ingin membersihkannya lakukan dengan sangat hati-hati dan lembut dan sebaiknya dilakukan di lantai untuk mengurangi kemungkinan alat-alat tersebut jatuh.

2. Jika alat dapur unik tersebut terbuat dari keramik lapisan, pastikan bahwa permukaan atau pori-pori lapisan keramik tersebut halus dan aman untuk digunakan sebagai produk makanan. Sebab jika lapisan permukaan keramik bercampur dengan makanan maka dapat membahayakan kesehatan karena bahan kimia tersebut ikut masuk ke dalam tubuh. Tanyakan kepada penjual peralatan tersebut jenis lapisan yang digunakan.

3. Jika anda membuat minuman berwarna seperti kopi atau teh di cangkir keramik, sebaiknya jangan diamkan kantong teh atau bubuk kopi hasil endapan terlalu lama di dasar cangkir. Sebab warna kopi dan teh yang terlalu lama di diamkan perlahan akan menempel pada permukaan cangkir keramik tersebut dan meninggalkan bekas noda yang sulit hilang.

Sebaiknya, segera cuci bekas teh dan kopi tersebut sesudah diminum dengan sabun cuci yang ampuh menghilangkan noda membandel. Salah satunya dengan sunlight jeruk nipis 100. Dengan bahan aktif ekstrak jeruk nipis dan formula yang kental, sunlight jeruk nipis 100 mampu mengangkat kotoran dan noda bekas makanan atau minuman yang menempel di permukaan alat dapur unik dari keramik anda.
4. Selain sabun cuci, anda juga bisa menggunakan bahan-bahan lain untuk membersihkan noda bekas makanan pada peralatan dapur dari keramik. Contohnya baking soda dan air campuran cuka dan garam. Untuk baking soda, campurkan sedikit dengan air sehingga membentuk tekstur mirip pasta. Oleskan pada bagian yang bernoda, diamkan sebentar lalu gosok dengan spons cuci. Sedangkan untuk air campuran cuka dan garam, cangkir dapat direndam pada air hangat dengan campuran tersebut sambil di gosok perlahan dengan kain lap.