Metode Termite Control untuk Mencegah Kerusakan Kayu dan Bangunan dari Serangan Rayap

Mungkin sebagian dari Anda pernah menemukan bagian kayu di bangunan ataupun perabot kayu yang keropos dimakan rayap. Kejadian ini memang sangat tidak diinginkan karena selain menimbulkan kerugian materi juga dapat membahayakan keselamatan. Bagian kayu bangunan yang terserang rayap akan menjadi lapuk dan lebih mudah roboh. Agar keamanan bangunan dan keindahan perabot kayu di rumah tetap dapat terjaga dalam jangka waktu yang lama diperlukan pencegahan serta pengendalian hama rayap atau dikenal juga sebagai termite control.

Metode Termite Control in Singapore

 

Metode Termite Control in Singapore

Tindakan termite control adalah serangkaian tindakan pengendalian yang dilakukan untuk mengantisipasi serangan hama rayap yang sudah terjadi maupun mencegah serangan lebih lanjut. Tindakan pencegahan ini dilakukan dengan metode khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan. Metode pengendalian rayap pada bangunan sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara berbeda, diantaranya :

  • Metode injeksi tanah

Metode ini dilakukan dengan menginjeksi atau memasukkan bahan tertentu ke dalam tanah untuk menciptakan sebuah garis penghalang yang tidak dapat dilalui oleh rayap untuk masuk ke dalam bangunan.

  • Metode penanganan kondisi tanah

Metode ini dilakukan dengan mengkondisikan tanah agar tidak sesuai untuk lokasi hidup dan berkembang rayap. Hal ini dilakukan karena rayap memang umumnya membentuk sarang dan hidup di bawah tanah.

  • Metode injeksi kayu

Cara termite control ini dilakukan untuk mencegah ataupun menghalau rayap yang sudah terlanjur masuk ke dalam rongga kayu. Metode ini dilakukan dengan menyuntikkan bahan kimia insektisida ke dalam rongga kayu.

  • Metode penyemprotan

Metode ini dilakukan dari luar permukaan kayu dengan cara menyemprotkan bahan kimia anti rayap atau termitisida untuk melindungi lapisan luar kayu agar tidak dapat dimakan dan ditembus oleh rayap.

  • Metode aplikasi bahan alami.

Selain penggunaan insektisida kimia, pengendalian rayap juga dapat dilakukan dengan pendekatan organik menggunakan bahan-bahan alami. Cara ini tidak seefektif penggunaan bahan kimia namun lebih ramah terhadap lingkungan dan manusia.

Singapore termite control

Agar hasil yang diperoleh lebih maksimal, pengendalian rayap pada skala besar seperti bangunan kantor, ruko ataupun pertokoan sebaiknya dilakukan oleh tenaga profesional yang ahli dan berpengalaman dalam bidang termite control ini. Tenaga pengendali hama profesional umumnya memiliki standar operasional prosedur pengendalian hama yang lengkap untuk tindakan pengendalian yang efektif mulai dari tahap survey lokasi, penyemprotan termitisida ke seluruh bagian bangunan dan pondasi, pembuatan barrier atau penghalang agar rayap tidak dapat masuk ke dalam bangunan hingga tindakan monitoring yang dilakukan secara rutin. Jasa pengendali rayap profesional ini bisa Anda serahkan pada Advance Pest yang sudah berpengalaman puluhan tahun menyelesaikan permasalahan hama khususnya rayap. Seluruh tindakan pengendalian dilakukan dengan metode yang tepat agar bangunan dan properti Anda aman seluruhnya dari serangan hewan yang satu ini.