Minuman Sehat Hangat

Minuman Sehat Hangat Di Musim Hujan

Minuman seringkali menjadi teman di saat kita sedang menikmati malam atau dalam cuaca yang dingin. Dengan meminum minuman hangat tubuh kita menjadi segar dan tidak kedinginan, apalagi jika minuman tersebut bisa dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang seadanya, pasti lebih sehat dan tidak perlu membeli minuman hangat keluar rumah. Ada beberapa macam macam minuman sehatĀ hangat yang bisa dijadikan teman santai saat udara mulai dingin dan cemilan lainnya, seperti kue atau keripik. Berikut ini beberapa minuman hangat pada saat udara dingin yang bisa Anda nikmati:

  • Bandrek, merupakan minuman tradisional orang Jawa Barat yang sangat cocok dinikmati pada saat udara dingin atau malam hari. Bandrek sendiri berbahan dasar gula merah dan jahe, apalagi jika ditambah dengan rempah-rempah lainnya yang bisa menghangatkan tubuh pada saat malam hari atau saat udara dingin.
  • Wedang jahe, minuman ini juga sering kita temukan di beberapa kedai atau pedagang kakki lima di pinggiran jalan, wedang juga sama seperti bandrek, yaitu berbahan dasar gula merah dan air jahe, namun ditambah dengan beberapa bahan lainnya, seperti madu, daun pandan, susu kental manis, dan rempah-rempah lainnya. Minuman ini sangat cocok jika ditemani dengan makanan pendamping lainnya, seperti sate usus ayam, kacang tanah atau gorengan.
  • Bajigur, sama seperti bandrek dan wedang, namun bajigur ini berbahan dasar santan dan dan gula aren, ditambah dengan sedikit jahe, bubuk vanili dan sedikit garam. Saat minum bajigur sangat cocok disajikan dengan makanan tradisional lainnya, seperti ubi rebus, kacang tanah rebus, singkong, pisang rebus, klepon dan makanan lainnya. Biasanya penjual bajigur biasa keliling komplek dan menjajakannya mulai dari sore sampai malam hari.

Itulah beberapa minuman hangat tradisional yang perlu Anda coba di rumah, jika ingin praktis Anda bisa membelinya di pedagang-pedagang kaki lima yang banyak kita temukan. Beberapa macam macam minuman hangat tersebut bisa juga kita buat di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan, selain sehat juga bisa minum rame-rame bersama keluarga.