Motip kain Tenun Lombok
Motip kain Tenun Lombok

Negara Indonesia mempunyai banyak kerajinan yang dibuat baik dari kerajinan bamboo, kulit ataupun kain. Salah satu yang cukup terkenal yaoutu kerajinan dari kain yang di sebut dengan kain tenun. Kain tenun ini mempunyai harga jual yang cukup mahal. Salah satu pengrajin kain tenun di Indonesia adalah kota Lombok. Produksi kain tenun di Lombok berpusat di Desa Sukarara, Desa Pringsela dan Desa Sade semuanya desa tersebut berada di Lombok Tengah. Tenun Lombok menggunakan alat tradisional untuk membuatnya. Yang membuat tenun ini kebanyakan wanita-wanita di Lombok. Selain untuk menjaga warisan turun menurun, akan tetapi untuk menopang ekonomi mereka.
Motif tenun tidak di cetak ataupun di gambar di kain ataupun di benangnya, akan tetapi motif tersebut muncul dari imajinasi dari para penenunnya yang menggombinasikan wrna warna benag dan juga penggunaan kayu atau bamboo dari alat tenunnya.
Kain tenun Lombok memiliki beberapa motif, diantaranya: motif tenun bangket, motif tenun subahnale rincik, motif tenun pinggiran keker, motif tenun kecubung, dan motiff tenun subahnale besar.
Harga dari sehelai kain tenun Lombok ditentukan dengan motifnya. Jika motifnya sulit, harganya mahal. Ada yang bisa mencapapai jutaan bahkan puluhan juta.
Motif tenun bangket
Motif tenun bangket merupakan salah satu motif dari tenun Lombok. Motif ini bersal dari daerah Puyung, Lombok tengah. Ukurannya bermacam- macam. Warna motif ini kebanyakan menggunakan perpaudan warna hitam, pelangi dan warna emas.
Motif tenun pinggiran keker
Motif ini juga termasuk salah satu motif tenun Lombok. Berasal dari Lombok. Ukurannya juga beraneka ragam. Wrna yang sering dipakai adalah perpaduan warna hijau tosca dan ungu.
Motif tenun Subhanale rincik
Motif ini salah satu motif tenun Lombok. Motif ini sama dengan motif bangket yaitu berasal dari daerah Puyung, Lombok tengah. Warnanya juga beraneka ragam. Warnanya merupakan perpaduan warna hijau tua dan wrna emas,.
Motif tenun kecubung
Selain itu juga ada motif tenun kecubung, motif ini bersal dari Puyung , Lombok tengah. Motif ini menggunakan perpaduan warna hijau, pelangi dan menggunanakan full benang emas.
Motif tenun subhanale besar
Motif tenun subhanale berasal dari daerah Puyung, Lombok tengah. Ukuranya beraneka ragam. Menggunakan perpaduan warna orange muda.
Jadi jika anda ingin memilki kain tenun Lombok, anda bisa memilih motif – motif tersebut dengan harga yang berbeda – beda sesuai dengan kesulitan dari motif tersebut.