Banyaknya jenis makanan dan minuman terkadang membuat kita bingung untuk memilih nutrisi mana yang baik bagi tumbuh kembang anak. Sebagai orang tua, kita selalu menginginkan yang terbaik bagi anak-anak kita termasuk dalam pemberian nutrisi. Untuk itu, kita perlu mengetahui kandungan gizi yang terdapat pada makanan terutama yang bermanfaat bagi perkembangan anak.

Nutrisi terbaik adalah yang diperoleh secara alami dari alam. Untuk itu, selalu berikan nutrisi terbaik bagi pertumbuhan anak. Adapun nutrisi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Minyak Ikan atau omega 3 sangat baik dalam peningkatan ingatan. Jika ingatan anak Anda baik berarti ia mampu menyimpan apa yang telah ia pelajari dalam jangka waktu lama. Minyak ikan atau omega 3 sangat bermanfaat bagi otak. Seperti kita ketahui otak adalah bagian terpenting dari tubuh manusia karena mengontrol semua sistem kerja pada tubuh.
  2. Segala jenis vitamin sangat diperlukan bagi tubuh. Namun, vitamin tidak di produksi oleh tubuh. Kita mendapatkannya dari buah, sayur, dan sinar matahari. Untuk itu usahakan agar anak menyukai buah-buahan, sayur-sayuran, dan aktif terkena sinar matahari. Jika anak Anda tidak menyukai sayur atau buah bahkan tidak suka dengan sinar matahari maka Anda perlu lebih kreatif dalam hal ini. Aturlah strategi agar anak suka mengonsumsi buah dan sayur.
  3. Protein dan mineral. Keduanya juga berperan penting dalam membangun sel-sel pada tubuh. Protein membantu kinerja otak yang juga sangat berperan dalam perkembangan kecerdasan. Mineral memberikan peranan penting pada kesehatan tubuh dan juga tulang.

Anda bisa mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang makanan apa saja yang mengandung nutrisi diatas, omega 3, vitamin, protein dan mineral untuk menunjang tumbuh kembang anak. Dengan mengetahui kandungan gizi yang terdapat pada makanan, Anda tidak perlu cemas mengonsumsi apa yang akan Anda makan. Utamakan pola hidup sehat pada keluarga Anda karena akan memberikan dampak yang besar terhadap kesehatan dan kualitas diri terutama pada anak Anda yang akan menjadi generasi penerus berikutnya.