gejala penyakit diare pada anak-anak
gejala penyakit diare pada anak-anak

Penting sekali mengenali gejala penyakit diare anak. Berbeda dengan orang dewasa yang mmeiliki organ tubuh yang lebih kuat, anak-anak masih lemah dan dapat mengalami kondisi secara drastis jika terjadi sesuatu gangguan pada tubuhnya. Terlebih jika anak terserang penyakit diare, dimana terjadi infeksi pada bagian alat pencernaannya yang disebabkan oleh virus atau bakteri jahat yang masuk beserta makanan ataupun minuman. Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat terjadi dan berakibat fatal yang dapat menyebabkan kematian.  Anak-anak memang mudah terserang diare, karena mereka tidak mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam mulutnya. Bisa saja makanan atau minuman terkontasminasi oleh bakteri atau kuman, ataupun lewat alat makan dan juga tangan yang digunakan.

Jika terlihat gejala penyakit diare anak, maka anda selaku orang tua mesti melakukan beberapa hal berikut yaitu :

  1. Memberi oralit
    Memberikan cairan garam atau oralit pada penderita diare akan berguna menggantikan cairan yang banyak keluar bersama tinja. Jika penderita kehabisan cairan atau dehidrasi, akan berakibat fatal bahkan dapat merenggut nyawanya. Karena itulah berikan cairan garam dengan cara sediakan air masak kemudian masukan garam dan gula secukupnya lalu minumkan pada penderita. Jika anak anda sulit untuk meminumnya, sekarang ini sudah banyak oralit yang dijual di apotek. Namun jangan berikan mereka obat anti diare, karena akan menghambat kuman keluar dari tubuhnya.
  1. Memberinya makanan
    Asupan makanan ketika terserang diare sangatlah penting, karena sebagai sumber tenaga yang dibutuhkan tubuh ketika banyak cairan yang keluar. Jika anak anda masih bayi, berikanlah ASI sebanyak mungkin, agar bayi anda tidak kekurangan nutrisi dan cairan.
  1. Memberi perawatan medis
    Jika selama dua hari masih belum berhenti, maka segeralah periksa ke dokter atau ruamh sakit agar mendapatkan perawatan khusus. Apalagi jika sudah dehidrasi dengan ciri mata cekung dan muntah-muntah. Begitu pun dengan kondisi badan yang lemas atau tidak bertenaga.
  1. Memberi pengertian
    Jika anak anda sudah sembuh, maka berilah dia pengertian tentang pola hidup sehat terutama cuci tangan sebelum makan dengan sabun anti kuman yang terbaik seperti lifebuoy.

Itulah beberapa hal yang mesti anda lakukan ketika anak anda terserang penyakit diare. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan balasan