energy efficiency

Di sebuah kantor, penggunaan listrik yang besar setiap bulannya tidak dapat dihindari. Hal ini menyebabkan biaya listrik yang keluar tiap bulannya cukup banyak. Padahal tarif listrik tidak pernah turun, dan justru cenderung naik tiap tahunnya. Karena itu, energy efficiency sangatlah diperlukan agar perusahaan tidak terlalu terbebani dengan rekening listrik yang terlalu banyak.

Bagaimana cara melakukan efisiensi energi di dalam kantor? Cara-caranya bisa sebagai berikut:

  1. Untuk AC, pendingin yang menggunakan sistem refrigerant membutuhkan daya yang lebih besar. Jika mungkin, beralihlah menggunakan AC dengan sistem inverter, karena jauh lebih menghemat biaya, walaupun harganya lebih mahal, namun bisa menghemat hingga 60%.
  2. Ganti lampu turbular atau lampu neon yang sudah lama dengan lampu berjenis LED yang lebih hemat daya, mencapai 85%.
  3. Jika mempunyai anggaran, maka pemasangan sensor listrik bisa menghemat biaya di jangka panjang karena dengan sensor tersebut, lampu yang tak terpakai dapat padam sendiri.
  4. Ganti komputer lama menggunakan komputer dengan monitor layar datar.
  5. Cat dinding kantor menggunakan warna yang terang agar di siang hari penerangan sudah cukup sehingga tidak perlu menggunakan lampu.

Pengurangan kerja lembur juga dapat membantu mengatasi masalah daya listrik yang berlebih. Jika perusahaan ingin dapat menghemat listrik dengan cara yang lebih maksimal, maka bisa memanfaatkan jasa dari PT Sumberdaya Sewatama, yang bergerak di bidang solusi kelistrikan, dan akan memberikan solusi untuk energy efficiency bagi perusahaan dan industri yang membutuhkannya.