hemat uang
hemat uang

Sebagai seorang ibu yang memegang kendali terhadap pengeluaran biaya bulanan di rumah, tentu anda harus pandai-pandai mengelola dan hemat uang yang didapatkan dari hasil kerja keras pasangan anda. Hal ini dinilai penting karena tanpa adanya pengelolaan keuangan yang baik, maka kebutuhan rumah tangga dengan penghasilan yang dimiliki tidak akan seimbang. Selain itu, anda juga belum tentu bisa menyisihkan sebagian uang untuk masa depan anak dan keluarga bila tidak berupaya mencari tahu seperti apa cara yang tepat untuk melakukan penghematan dan mengelola keuangan.

Seperti yang telah disebutkan bahwa berhemat menggunakan uang sangat penting untuk dilakukan oleh para ibu rumah tangga, sebaiknya dari sekarang anda mempraktekkan hal-hal di bawah ini agar pendapatan rumah tangga bisa bermanfaat untuk semua kebutuhan, yaitu:

1. Buat tabel prioritas kebutuhan.
2. Berbelanja secukupnya dan tidak berlebihan.
3. Sisihkan setidaknya 20% atau semampunya dari pendapatan suami untuk ditabung.

Beberapa cara tersebut memang perlu dilakukan oleh semua ibu rumah tangga agar semua kebutuhan pokok bisa terpenuhi dengan tepat dan uang yang dimiliki tidak digunakan dengan sia-sia. Selain itu, menghemat duit yang anda lakukan saat ini juga bisa berpengaruh terhadap kebiasaan semua anggota keluarga di kemudian hari. Itulah pentingnya hemat uang yang harus dilakukan para ibu untuk mengelola pengeluaran bulanan.