Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, maka kita harus membiasakan diri melakukan hal-hal yang baik dalam kehidupan sehari-hari, seperti salah satunya membiasakan mencuci tangan pakai sabun. Kegiatan ini dinilai sebagai kegiatan yang sepele sehingga seringkali diabaikan, namun sebenarnya memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kesehatan, diantaranya anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Salah satu penyakit akut yang disebabkan oleh bakteri adalah penyakit tipes, sebaiknya anda mengetahui tanda-tanda umum dan gejala tipes agar bisa memberikan penanganan dengan tepat.

Kegiatan mencuci tangan pakai sabun ini merupakan salah satu kegiatan sanitasi yang dilakukan bertujuan menghilangkan kuman dan bakteri yang terdapat pada tangan, jari, dan kuku-kuku kita. Tangan merupakan bagian paling sibuk yang paling banyak berinteraksi dengan berbagai benda di lingkungan kita, sehingga tangan menjadi agen utama masuknya kuman dan bakteri penyebab penyakit, kuman yang menempel di tangan bisa berpindah ke mulut, hidung dan anggota tubuh lainnya, melalui makanan dan minuman atau benda yang menempel di tangan kita secara sengaja atau pun tidak sengaja. Selain dapat menyebarkan kuman dan bakteri untuk diri sendiri, tangan pun dapat menyebarkan kuman pada orang lain.

Tanpa disadari, ketika beraktivitas tangan banyak menyentuh berbagai benda yang terdapat kuman dan bakteri sehingga menyebabkan berbagai bakteri dan virus penyebab penyakit tersebut mengumpul di tangan. Berbagai penyakit yang dapat menyerang kita seperti gejala tipes, flu, meningitis, hepatitis A, C yaitu gangguan hati, berbagai penyakit kulit, gangguan usus dan diare, dan lain-lain. maka untuk mencegah datangnya berbagai penyakit tersebut, mulai sekarang kita harus segera membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan pakai sabun yang ampuh membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit berbahaya. Karena jika anda hanya mencuci tangan dengan air saja tidak akan mampu mengusir kuman dan bakteri yang menempel di tangan anda.

 

Adapun saat yang tepat untuk mencuci tangan pakai sabun diantaranya sebelum dan sesudah memasak, setelah selesai buang air, setelah mengganti popok bayi, sebelum menyusui, sebelum menggendong bayi, setelah memegang berbagai benda yang kotor atau berkarat, setelah bermain, setelah membersihkan rumah, setelah batuk atau bersin, dan memegang luka.