penyebab gejala penyakit bronkitis

Betapa khawatirnya kalau buah hati sedang jatuh sakit. Rasanya Anda pasti ingin mendampingi buah hati Anda dan merawatnya dengan penuh kasih sayang. Jenis-jenis penyakit yang biasanya menjangkiti anak-anak cukup beragam. Salah satu yang kerap kali mengintai kesehatan anak-anak adalah bronkitis.

Penyebab Bronkitis pada Anak

Bronkitis merupakan penyakit yang menyerang organ pernapasan khususnya bagian saluran bronchial yang berfungsi mengangkut oksigen ke organ paru-paru. Saluran bronchial tersebut akan mengalami iritasi bahkan bengkak sehingga mengganggu proses pernapasan. Serangan penyakit bronkitis bisa menjangkiti anak-anak dengan mudah sebab sistem kekebalan tubuh anak-anak belum sekuat sistem kekebalan tubuh orang dewasa.

Penyebab bronkitis pada anak cukup beragam, yaitu infeksi virus, bakteri dan jamur. Selain ketiga penyebab utama tersebut, masih ada faktor pencetus lainnya yang menjadi penyebab bronkitis pada anak. Faktor pencetus tersebut antara lain adalah polusi udara, asap rokok, kondisi kelahiran prematur serta beragam masalah kesehatan seperti penyakit asma dan penyakit jantung bawaan.

Tanda-tanda Anak Terjangkit Bronkitis

Kadangkala Anda mungkin merasa sulit menerka gejala penyakit yang sedang dirasakan oleh anak-anak. Tetapi beberapa gejala ini bisa menjadi salah satu indikasi awal kalau anak-anak sedang terjangkit penyakit bronkitis.

Bila anak-anak mengalami batuk yang berkepanjangan hingga lebih dari 1 bulan dengan variasi batuk kering atau berlendir, bisa jadi hal tersebut adalah salah satu gejala bronkitis. Gejala lainnya yang mungkin mengiringi batuk berkepanjangan tersebut adalah demam, tubuh yang menggigil, sakit tenggorokan, sesak napas, hidung pilek atau tersumbat serta mudah lelah.

Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati

Daripada mengobati bronkitis pada anak, tentu jauh lebih baik kalau Anda melakukan tindakan pencegahan sejak dini. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dan memeriksakan anak ke dokter saat baru terserang pilek bisa menjadi solusi sederhana yang mencegah penyakit bronkitis pada buah hati Anda.

Jika buah hati Anda terlanjur menunjukkan gejala-gejala bronkitis, segera ajak buah hati Anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Cek up kesehatan akan memberikan informasi terkini mengenai kondisi kesehatan Anda maupun buah hati. Karena sehat adalah hak asasi bagi semua orang, mulailah hidup sehat agar penyakit tidak mengincar kesehatan Anda dan keluarga.

Sources:
drugs.com/cg/acute-bronchitis-in-children.html
kidshealth.org/teen/diseases_conditions/respiratory/bronchitis.html