gejala penyebab penyakit mencret
gejala penyebab penyakit mencret

Kebanyakan orang pasti pernah merasakan apa itu diare atau yang sering disebut dengan mencret, penyakit ini adalah penyakit yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebab mencret yang paling penting adalah faktor dari kebersihan, kebersihan ini meliputi dari kebersihan makanan yang kita makan, kebersihan sekitar lingkungan kita, dan kebersihan diri sendiri. Dengan kita menjaga kebersihan maka kita bisa meminimalisir bertumbuhnya bakteri dan virus penyebab diare yang bisa menyerang kita. Diare atau mencret ini biasanya ditandai dengan volume feses yang lebih dari biasanya dan juga bentuk dari feses yang berubah menjadi lebih encer atau cair.

Menurut dari para ahli kesehatan adalah dengan menerapkan hal yang sepele dengan cara selalu mencuci tangan saat sebelum dan juga sesudah melakukan aktivitas dapat menghambat berkembangnya virus penyebab diare. Mencuci tangan dengan sabun Lifebuoy maka bisa membunuh semua bakteri dan juga virus yang dapat menyebabkan penyakit. Kandungan dari sabun Lifebuoy ini sendiri terdapat antiseptic yang dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan virus dan bakteri penyebab penyakit yang salah satunya adalah penyebab dari diare. Menurut penelitian mengatakan bahwa penyebab mencret dapat dibagi beberapa hal yaitu:

  1. Infeksi
    Penyebab utama diare adalah karena terdapat infeksi pada saluran pencernaan, selain itu infeksi juga bisa disebabkan karena bakteri dan juga virus
  1. Alergi
    Mencret bisa saja terjadi karena alergi. Kelainan yang paling dominan dapat menyebabkan mencret adalah alergi karena makanan.
  1. Gangguan
    Gangguan yang terjadi pada saluran pencernaan juga berisiko terserang diare atau mencret, selain itu gangguan metabolic juga bisa menjadi pemicu terjadinya mencret.

Cara Mengatasi Diare

  1. Mengkonsumsi oralit dapat meringankan gejala yang ditimbulkan dari diare karena oralit berfungsi sebagai meredakan atau mengurangi jumlah feses yang dikeluarkan.
  2. Banyak mengkomsumsi air putih karena orang yang menderita mencrer akan sering mengeluarkan cairan dalam jumlah yang banyak sehingga tubuh bisa mengalami dehidrasijika tidak diimbangi dengan cairan yang masuk.
  3. Menjaga kebersihan seperti yang dijelaskan diatas dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun Lifebuoy dapat mencegah terjadinya diare atau mencret.
  4. Mengkonsumsi rebusan daun jambu biji karena kandungan di dalamnya terdapat senyawa flavonoid yang dapat mengatasi diare secara ampuh.