permainan olahraga tradisional
permainan olahraga tradisional

Permainan olahraga tradisional adalah julukan yang digunakan dalam mata pelajaran pendidikan jasmani dan rohani untuk aktivitas permainan tradisional yang dilakukan sebagai kegiatan pembelajaran di sekolah. Fungsi dari pengaplikasian permainan tradisional dalam mata pelajaran pendidikan jasamani dan rohani adalah untuk memberikan latihan fisik kepada anak serta mengenalkan budaya dan tradisi yang dapat merangksang tumbuh kembang mereka baik secara fisik maupun mental.

Berikut adaah rincian dari peran pengaplikasian permainan tradisional terhadap anak usia sekolah diantaranya menstimulasi berbagai aspek perkembangan anak, seperti  dari segi motorik  dapat Melatih  daya tahan, daya  lentur,  sensorimotorik,  motorik  kasar,  motorik  halus.  Kemudian dari segi kognitif bisa Mengembangkan  imaginasi,  kreatifitas,  problem  solving,  strategi,  antisipatif,

pemahaman  konstekstual.  Lalu dari segi emosi dapat mempengaruhi Kontrol  emosi,  mengasah  empati, pengendalian  diri.  Bahkan dari segi bahasa dapat meningkatkan Pemahaman  konsep-konsep  nilai.  Dan secara jelas di segi sosial anak dapat Menjalin  relasi,  kerja  sama,  melatih  kematangan  sosial  dengan  teman  sebaya  dan meletakan dasar untuk melatih keterampilan sosialisasi berlatih menjadi orang yang  lebih  dewasa. Dari segi spriritual anak dapat Menyadari  keterhubungan  dengan sesuatu  bersifat  Agung. Dan ada beberapa aspek lainnya yang bisa dipengaruhi melalui pengaplikasian permainan tradisional di lingkungan.

Ada banyak permainan tradisional yang ada di Indonesia. Namun, tidak semua permainan dapat dilaksanakan sebagai media pembelajaran di sekolah untuk mata pelajaran pendidikan jasmani dan rohani. Baik untuk peserta didik usia taman kanak-kanak maupun peserta didik usia sekolah dasar. Sehingga pengenalan permainan tradisional tidak sepenuhnya untuk seluruh permainan untuk masing-masing daerahnya, hanya untuk beberapa permainan yang masih terkenal sampai sekarang dan masih terbukti dapat memberikan dampak yang baik bagi pendidikan anak di sekolah.

Karena jika kita menuruti pelatihan dan pemeragaan seluruh permainan tradisional yang ada di masing-masing daerah di Indonesia, bisa dipastikan dalam 1 tahun pengajaran, proses pengenalan tidak akan selesai karena permainan olahraga tradisional yang ada di Indonesia ada banyak sekali macam dan jenisnya.

Tinggalkan balasan