Perkembangan Janin Dalam Rahim
Perkembangan Janin Dalam Rahim

Sebagai umat Islam terntunya kita sering mendengar bahwa pada usia kehamilan 4 bulan biasanya diadakan syukuran 4 bulanan, hal ini dikarenakan bahwa pada usai kandungan 4 bulan bayi diberikan ruh oleh Allah SWT, dituliskan rezekinya, jodohnya, mautnya, dan lain-lain. Dengan adanya acara 4 bulanan tersebut di khususkan untuk memanjatkan doa-doa untuk keselamatan sang bayi dan bisa menjadi anak yang berguna bagi kedua orang tuanya, agamanya dan negara. Selain itu, pada usia kandungan 4 bulan, secara medis Perkembangan Janin Dalam Rahim mengalami perkembangan yang cukup signifikan, terutama dalam proses perkembangan tubuhnya maupun organ lainnya.

Pada usia 4 bulan dalam kandungan tersebut, janin sudah menunjukan bentuk menyerupai bayi, meskipun secara umum ukurannya belum begitu sepenuhnya sempurna. Masih panjang prosesnya bayi tersebut akan berkembang sampai 5 bulan kedepan. Tapi, janin usia 4 bulan tersebut sudah mulai bisa bergerak, menggeliat, menguap, bahkan menunjukan ekspresi wajah. Sehingga pada usia 4 bulan inilah saatnya yang tepan untuk melihat perkembangan janin melalui USG. Pada awal trimster pertaman ini bayi memiliki berat yang masih ringan, yatu sekitar 25 gram, panjang 7,5 cm, di minggu ke 13 jari jemari kaki dan tangannya sudah mulai terbentuk.

Pada usia kandungan 14 minggu bentuk telinga sudah berada pada posisinya, dan perkembangan bayi sangat cepat, janin sudah mulai merespons stimulasi dari perut ibunya, dan sidik jari pada bayi sudah mulai terbentuk. Di Minggu ke 15 ini juga rambut bayi sudah mulai tumbuh meskipun masih tipis, begitu juga dengan bulu mata, alis. Tangan dan kaki sudah mulai bertambah panjang, semua anggota badannya sudah mulai bisa digerakan. Alat kelamin sudah mulai terbentuk meskipun belum terlihat jelas dan harus sabar menunggu.

Setelah itu di usia 5 bulan sampai 9 bulan bayi akan terus berkembang dan mengalami perubahan dari minggu ke minggu sampai ia dilahirkan. Itulah Perkembangan Janin Dalam Rahim di usia kandungan 4 bulan. Semoga tulisan ini memberi manfaat dan infromasi kepada Anda semua.

Tinggalkan balasan