pertumbuhan kembang anak
pertumbuhan kembang anak

Pertumbuhan balita akan sangat ditunggu – tunggu oleh orang tuanya. Dengan pengajaran yang baik dan juga pemberian asupan makanan yang baik akan membantu pertumbuhan anak balita ke arah yang baik juga. Pengertian Pertumbuhan adalah dengan adanya perubahan ukuran fisik dari waktu ke waktu. Ukuran fisik tidak lain adalah ukuran tubuh manusia baik dari segi dimensi, proposi maupun komposisinya yang lebih dikenal dengan sebutan antropometri. Oleh karena pertumbuhan merupakan suatu proses yang berkelanjutan dan mengikuti perjalanan waktu maka pertumbuhan pada manusia dapat diartikan pula sebagai perubahan antropometri dari waktu ke waktu. Dengan cara mengamati dan memantau anda akan mengetahui secara teratur terhadap status proses tumbuh anak dari bulan ke bulan untuk mengetahui perkembangan keadaan kesehatan dan gizi anak Penilaian terhadap status pencapaian pertumbuhan anak pada waktu tertentu atau pada kondisi tertentu.

Pertumbuhan balita yang baik biasanya dimulai dari mulai bisa berjalan dengan lancar hingga berlari, lalu bisa memanjat keluar dari ranjangnya, membuka pintu, menaiki tangga tanpa bantuan,mengerti bahasa sehari-hari, membuka bungkusan, mencuci tangan, duduk di kursi tanpa bantuan, mengatakan 20-25 kata yang bisa dimengerti, mencari tahu segala sesuatu sebelum melakukannya, menggambar lingkaran, membuat garis, mengerti dua perintah sekaligus.

Jika pada usia 2 tahun anak anda belum juga bisa melakukan hal tersebut, berarti balita anda terhambat pertumbuhannya yang bisa jadi dikarenakan oleh beberapa sebab. Seperti :

  1. Pemberian ASI yang kurang. ASI seharusnya diberikan minimal hingga bayi berumur 6 bulan. Jika ASI tidak diberikan maka memang ketika balita akan terhambat pertumbuhannya karena ASI sangat bagus untuk pertumbuhan tubuh dan juga jaringan – jaringan di otak.
  2. Pemberian makanan pendamping yang tidak tepat. Makanan pendamping sudah seharusnya yang bergizi. Jika tidak ya akan menghabbat petumbuhan anak balita
  3. Kesalahan dalam pakaian yang digunakan. maksudnya adalah pakaian yang tidak dicuci dengan bersih akan memnyebarkan virus dan bakteri berbahaya kepada bayi anda yang berujung pada masalah kesehatan anak anda. maka ketika balita ia akan terhambat pertumbuhannya. Maka dari itu gunakan rinso cair yang ampuh membersihkan noda dan kotoran dan juga aman untuk digunakan bayi dan balita anda.

Itulah pembahasan mengenai pertumbuhan anak balita yang baik. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan balasan