perkembangan janin tiap minggunya
perkembangan janin tiap minggunya

Tidur merupakan suatu kebutuhan bagi ibu hamil. Karena Istirahat yang cukup juga dapat mempengaruhi perkembangan janin tiap minggunya. Karena kebanyakan ibu hamil termasuk saya sendiri sering susah tidur karena kondisi hamil yang semakin hari semain membesar sehingga ketika tidur sering membuat kita susah bernafas, kadang juga menjadi serba salah untuk mencari posisi yang nyaman untuk tidur. Berikut ada tips posisi tidur ibu hamil yang nyaman agar perkembangan janinnya baik, diantaranya:

  • Perbanyak istirahat

Ibu hamil memerlukan waktu istirahat yang banyak dan berkualitas. Bahkan kalau perlu menambah jam tidur anda itu akan lebih baik. Anda bisa menetapkan jam malam anda. karena tidur di jam yang sama setiap malam akan membiasakan tubuh anda memiliki jadwal khusus untuk beristirahat. Tentu hal ini sangan baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil.

  • Perhatikan posisi tidur

Mencari posisi tidur yang nyaman merupakan hal yang sulit bagi ibu hamil. Cobalah untuk tidur dengan posisi kepala dan leher terangkat atau posisi kepala lebih tinggi dari kaki. Hal ini dapat berfungsi menurunkan asam lambung anda. Selain itu juga lebih nyaman karena si ibu tidak akan sesak nafas karena terdorong oleh janin. Jika usia kehamilan sudah memasuki trimester ketiga, cobalah untuk tidur miring ke kiri. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah yang mengalir ke arah rahim, janin dan ginjal.

  • Penggunaan bantal

Anda bisa menggunakan bantal tambahan, apalagi pada usia kehamilan trimester pertama. Anda dapat menggunakan bantal tambahan antara lutut atau bisa juga diletakan di bawah perut. Hal ini dimaksudkan agar badan anda lebih nyaman ketika tidur. Pada trimester kedua anda bisa menempatkan bantal diantara kedua lutut dan gunakan bantal yang panjang untuk menunjang punggung hingga perut. Hal ini dapat membuat anda lebih menikmati tidur nyaman anda.

Itulah beberapa tips posisi tidur untuk ibu hamil. yang terpenting adalah jangan sampai ibu hamil mengalami mimpi buruk karena dapat mempengaruhi perkembangan janin tiap minggunya. Untuk itu harus dihindari dengan cara tidak terlalu banyak pikiran, dan jangan makan terlalu banyak di malam hari. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan balasan