Prinsip yang Diterapkan Dalam Bisnis Syariah
Prinsip yang Diterapkan Dalam Bisnis Syariah

Ketika kita akan memulai bisnis online syariah, hendaknya kita mengetahui dulu landasan atau prinsip yang diterapkan dalam bisnis syariah. Ke-4 prinsip tersebut yaitu tauhid atau kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas dan tanggung jawab.

Tauhid. Yaitu mengakui keesaan Allah SWT tuhan semesta alam, segala sesuatu yang ada di alam semesta ini bersumber dan berakhir kepada-nya. Jika diartikan dalam bisnis berarti segala aktifitas khususnya bisnis syariah yang akan atau sedang dijalankan hendaklah mengikuti aturan-aturan yang sudah ditetapkan di dalam ajaran agama Islam.

Keseimbangan. Bisa juga diartikan kesejajaran, artinya semua manusia itu sama dan antar sesama manusia harus bersikap adil. Begitupun dalam bisnis online syariah, kita sebagai penjual selayaknya bersikap sopan dan bertatakrama pada setiap konsumen tidak membedakan dari status, agama, budaya.

Kehendak Bebas. Kebebasan manusia tidak dibatasi, masing-masing orang berhak menentukan pilihannya. Tapi kebebasan seorang muslim hendaknya sejalan dengan prinsip dasar seorang manusia diciptakan di bumi yaitu menjadi seorang khalifah di bumi. Sehingga kebebasan tersebut tidak melanggar semua aturan baik yang ditetapkan oleh agama Islam maupun aturan yang ditetapkan oleh manusia itu sendiri.

Tanggung Jawab. Terkait segala sesuatu yang dilakukan manusia itu sendiri selama di bumi, baik itu tanggung jawab kepada tuhannya maupun tanggung jawab kepada sesama manusia. Sebagai komunitas sosial yang hidupnya berdampingan antar sesama, manusia tidak lepas dari aturan yang dibuat manusia itu sendiri.

Ke-4 prinsip ini selayaknya anda terapkan ketika akan membuka sebuah bisnis. Agar bisnis yang dijalankan tidak hanya memberikan keuntungan materi tapi juga keberkahan.