Tepung
Tepung

Tepung sering kita gunakan untuk keperluan memasak sehari-hari. Yang paling sering dan umum digunakan adalah terigu. Terigu ini seringnya digunakan untuk memasak gorengan, kue, dll. Lebih rumitnya terigu merupakan bahan utama pembuatan mie, pasta, cokies, bolu, dan jenis kue lainnya. Kita sering kali menemui banyak sekali merk terigu yang berbeda padahal dari satu produsen, hal ini karena terigu memiliki klasifikasi yang berbeda-beda.

Proses pembuatan terigu berawal dari gandum dan melewati 2 tahap pokok yaitu pembersihan dan penggilingan. Untuk langkah jelasnya adalah sebagai berikut:

  1. Cleaning

Proses ini bertujuan untuk pembersihan dari kotoran.

  1. Dampening

Proses penambahanair agar didapatkan kadar air yang diinginkan.

  1. Milling

Proses ini merupakan proses penggilingan setelah biji yang sudah disiram air didiamkan beberapa saat agar kulit bijinya lunak. Dalam proses ini ada beberapa tahap, yaitu briking, reduction, sizing, serta tailing.

Terigu mungkin sudah tidak bisa lagi dipisahkan dengan kehidupan kita, sebab kebutuhan akan terigu sendiri sebagai bahan pokok makanan terus meningkat. Namun hal ini dirasa tidak menjadi masalah sebab ketersediaan akan bahan baku terigu cukup melimpah dan proses penanamannya pun tidak terlampau sulit. Masyarakat kita saat ini memang hanya menggunakan terigu sebagai bahan makanan sampingan atau cemilan saja, bukan makanan pokok. Namun tidak menutup kemungkinan nanti tepung terigu nantinya akan menjadi bahan dasar makanan pokok.