Reksadana syariah
Reksadana syariah

Reksadana syariah sebagai salah satu produk pasar modal syariah sudah cukup lama diperkenalkan kepada masyarakat luas di tanah air. Namun hingga kini masih banyak orang yang masih awam dan belum paham betul dengan produk pasar modal syariah yang satu ini. Nah, jika ingin tahu tentang reksadana itu maka simak sampai akhir artikel ini.

Reksadana sistem syariah merupakan suatu keharusan bagi investor. Berikut adalah tips investasinya:

• Investor dalam memilih reksadana itu harus jeli. Kriteria pemilihan reksadana itu, bisa dilihat dari kinerja reksadana-reksadana yang ada.
• Melihat Nilai Aktiva Bersih (NAB), misalnya dalam setahun, 6 bulan, 3 bulan, atau sebulan belakangan.
• Melihat komitemen si pengelola reksadananya. Jangan sampai si pengelola mempunyai produk reksadananya terlalu banyak, sehingga fokusnya terhadap produk reksadana itu bisa jadi agak berkurang. Untuk fokus ini, juga bisa dilihat dari portofoli investasinya.
• Melihat dari sisi fun managernya. Harus dilihat siapa orang dibalik perusahaan management investasi ini. Dia punya track record atau tidak dan jam terbangnya di pasar modal sudah sampai sejauh mana.

Itulah beberapa tips investasi melalui reksadana itu. Intinya, reksadana itu adalah sebuah keharusan bagi investor, bukan hanya sekedar masalah hijrah atau prinsip saja. Dengan perusahaan yang sehat karena struktur hutang yang sangat bagus, lalu tidak masuk ke saham perbankan yang rentan, maka reksadana syariah adalah akan mengamankan semua investasi kita.