kue bolu gulung
kue bolu gulung

Siapa yang tidak mengetahui bolu gulung. makanan yang sudah terkenal semenjak zaman globalisasi ini kian lama semakin berkembang sesua kebutuhan banyak orang. Terutama di Indonesia, dengan berbagai daerah yang memiliki bahan khas tersendiri, bolu kukus ini disajikan dalam bentuk yang baru setiap harinya. Namun, untuk skala rumahan tentunya membutuhkan bahan yang mudah didapat. Resep kue bolu gulung ala rumahan ini mendasarkan pada ketersediaan berbagai bahan yang ada sebagai resep bolu yang mudah di dapatkan di tempat seperti pasar atau minimarket terdekat rumah anda.

Berikut resep kue bolu gulung ala rumahan:

  1. 125 g mentega
  2. Creambutter secukupnya
  3. 95 g gula halus
  4. 70 g tepung terigu
  5. 1 sdm pengembang kue
  6. 1 sdt Vanill essence
  7. 6 butir telur ayam
  8. 10 g maizena
  9. 15 g susu bubuk

Berikut langkah-langkah yang harus dilalui:

  1. Semua bahan dicampur dalam satu wadah untuk kemudian di mixer dengan kecepatan tinggi kecuali mentega dan juga buttercream. Aduk terus sampai adonan menjadi putih kental dan mengembang.
  2. Mentega kemudian di masukkan dan terus aduk adonan. Pastikan mentega tercampur merata tanpa ada sisa di dasar adonan. Kemudian adonan di tuang ke dalam loyang yang juga sudah diolesi dengan mentega dan juga kertas roti yang diberi margarin juga sebelumnya.
  3. Adonan di panggang pada suhu 200 derajat celcius dan ditunggu selama 15 menit. Pastikan adonan tidak terllu matang dengan melakukan tes sentuh secara berkala. Hal tersebut agar adonan tersebut tidak patah saat digulung.
  4. Langkah selanjutnya pada resep kue bolu adalah menempatkan loyang pada kertas roti yang baru untuk membalikkan adonan untuk melepaskan kertas roti yang menempel pada adonan. Setelah itu adonan diberi isi sesuai selera untuk kemudian di gulung perlahan sehingga membentuk bolu gulung yang kemudian didiamkan sejenak sebelum dihidangkan kepada keluarga.

Itulah langkah-langkah sederhana membuat kue bolu gulung. Sebagai referensi, Blueband dapat dijadikan sebagai bahan tersebut dikarenakan kandungan omeganya yang baik untuk kesehatan dan juga meresap pada adonan secara merata.