Resep Rawon Khas Jawa Timur Yang Mudah Dipelajari
Resep Rawon Khas Jawa Timur Yang Mudah Dipelajari

Sejak dulu, kuliner nusantara telah dibuat dengan citarasa yang luar biasa karena bumbu dari aneka rempah yang membuat lidah anda bergoyang saat menikmatinya. Setiap daerah di Indonesia memiliki kulinernya yang khas, mengundang para travelers dari luar daerah untuk menikmatinya. Keterampilan memasak saat ini tidak hanya dimiliki oleh kaum wanita, namun kita juga sudah melihat di televisi, juru masak dari kaum pria semakin banyak. Hal ini membuat keterampilan memasak tidak identik dengan kaum wanita saja, melainkan untuk semua kalangan tanpa terbatas gender. Bagi anda yang tengah  belajar memasak, saat ini memang berbagai resep menu masakan sehari-hari sangat mudah untuk didapatkan di media digital, seperti internet. pada tulisan kali ini, kami mengajak anda untuk menyajikan sebuah resep masakan khas Jawa Timur, yakni rawon.

Memasak rawon merupakan salah satu menu masakan sehari-hari yang menantang, karena masakan ini memerlukan bumbu yang lumayan banyak. Hal ini akan menguji ketelitian anda dalam menakar dan mengolah berbagai bahannya. Berikut ini resep rawon yang bisa anda ikuti.

1. Bahan, bumbu dan pelengkap

Beberapa bahan yang harus anda siapkan diantaranya 600 gram daging sapi yang agak berlemak, 1.5 liter air, 2 lembar daun salam, 3 batang serai yang dimemarkan, 3 cm lengkuas yang dimemarkan, 5 lembar daun jeruk, dan 3 sendok makan minyak untuk menumis. Untuk bumbunya, siapkan 5 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 4 buah cabai merah atau disesuaikan dengan selera, 2 butir kemiri, 1 sendok teh ketumbar, 4 buah keluwak tua yang dikukus dan diambil isinya, 2 cm jahe, 2 cm kunyit, 1 sendok teh terasi matang, garam secukupnya, 2 tangkai daun bawang yang telah dipotong-potong. Sebagai bahan pelengkap, anda bisa menyiapkan kerupuk udang, 100 gram tauge pendek / kuncup,  2 buah telur asin dan sambal untuk menambah citarasa.

2. Cara memasak

Setelah semua bahan, bumbu dan pelengkap tersedia, anda bisa mulai dengan memasak daging bersama daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk hingga empuk dan matang. Angkat daging dan potong kecil-kecil, lalu saring rebusan dan didihkan lagi dengan irisan daging. Panaskan minyak untuk menumis bumbu halus dengan irisan daun bawang hingga tercium aroma harum dan matang. Angkat lalu masukan ke dalam kaldu daging, dan masak dengan api kecil hingga mendidih kembali. Tuangkan rawon ke dalam mangkuk, taburkan tauge pendek di atasnya. Lebih nikmat disajikan dengan nasi hangat, telur asin dan sambal terasi.

Itulah resep salah satu menu masakan sehari-hari yang bisa anda nikmati bersama keluarga, selamat mencoba!

Tinggalkan balasan