Resep Sayur Asem Yang Menggugah Selera
Resep Sayur Asem Yang Menggugah Selera

Makanan ini sangat cocok dijadikan menu makan siang anda. Mempunyai rasa yang enak, segar dan nikmat apalagi di saat kondisi cuaca sedang mengalami panas atau dingin maka menyantap sayur ini sangat pas sekali. Dengan ciri khas rasa yang sangat identik sekali yaitu asem, pedas dan menyegarkan, jadi sangat tidaklah heran jika penganan yang sangat murah meriah ini banyak tersaji di sekitar kita. Resep sayur asem ini dapat kita buat dengan mudah sekali dengan bahan-bahan yang banyak tersedia di pasaran sehingga dalam proses pembuatannya yang begitu mudah ditambah dengan bahan yang melimpah ruah akan semakin lengkap jika menu makan siang anda dengan makanan yang satu ini yang ditambah dengan lauk pauk lainnya sebagai menu pelengkap.

Untuk membuat resep sayur asem diperlukan bahan-bahan seperti pepaya muda atau labu siam sebanyak 100gr, buah melinjo beserta daunnya sebanyak 50gr, kacang panjang 5 batang lalu dipotong-potong, 4 lembar daun kol, 2 sdm kacang tanah, 2 liter air, 1 buah jagung manis lalu potong menjadi 3 bagian, ½ batang terong. Bumbu yang diperlukan antara lain 6 butir kemiri, 5 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, asem jawa dan cabe merah masing-masing 2 buah, 1 sdm gula merah, ½ sdt terasi dan garam secukupnya. Bumbu-bumbu lainnya yang diperlukan adalah 2 lembar daun salam, 2 sdm gula merah, 1 ruas lengkuas yang sudah dimemarkan.

Cara membuat sayur asem tersebut adalah masak air hingga mendidih kemudian masukkan jagung, buah melinjo dan kacang tanah. Rebuslah tiga bahan tersebut hingga lunak. Selanjutnya adalah memasukkan bumbu yang telah dihaluskan, daun salam dan lengkuas dan biarkan sampai mendidih, masukkan bahan-bahan lain dan aduk hingga merata sampai benar-benar matang dan tambahkan garam serta asem jawa secukupnya. Angkat dan hidangkan serta nikmati bersama anggota keluarga anda selagi hangat.

Itulah resep membuat sayur asem yang sangat mudah sekali dalam pembuatannya dan menjadikan makanan tersebut sebagai menu favorit keluarga anda.