Masa kehamilan adalah masa dimana hal yang ibu lakukan tidak hanya berdampak pada diri sendiri namun juga pada janin. Perubahan bentuk tubuh dan stretch mark yang dapat diminimalisir dengan menggunakan baby oil dari Zwitsal dan perubahan kenyamanan tubuh yang dapat dikurangi dengan melakukan senam hamil. Senam tersebut tidak hanya dapat dilakukan di tempat tertentu, namun juga dapat dilakukan di rumah.

Senam ibu hamil berikut dilakukan untuk ibu dengan usia kehamilan di atas 7 bulan. Gerakan dalam posisi duduk dan tidur berikut bermaksud untuk memperkuat otot punggung. Gerakan dengan posisi duduk yaitu:

  • Duduk tegak dan nyaman di atas karpet busa atau alas agar lutut dan kaki tidak sakit.
  • Rentangkan kaki selebar mungkin dengan punggung tetap dalam posisi tegak.
  • Mencondongkan badan dengan posisi lengan jatuh ke depan.
  • Tahan selama beberapa waktu untuk merasakan otot punggung dan paha bagian dalam merenggang.

Selanjutnya, pada posisi tidur melakukan senam hamil dengan cara menggunakan kursi sebagai alat bantunya. Langkah pertama adalah tidur terlentang dengan posisi paling nyaman. Kedua, meletakkan kaki di atas kursi dan punggung menempel di lantai yang telah diberi matras agar punggung nyaman dan tidak sakit. Kemudian mengangkat pantat dengan siku dan tangan sebagai tumpuannya. Gerakan ini dilakukan 8 kali per hari ketika berada di rumah agar otot punggung menjadi lebih kuat ketika masa kehamilan.