stimulasi bayi

Pada saat bayi baru lahir, tentu dia hanya bisa menangis ketika ia menginginkan dan merasakan sesuatu pada dirinya. Namun, seiring dengan tahap perkembangannya bayi akan mulai menampakan keterampilannya dalam melakukan sesuatu. Nah, agar keterampilannya dapat berkembang dengan baik, bagi Anda para orang tua dapat memberikan stimulasi bagi bayi Anda agar perkembangannya sesuai dengan yang diinginkan. Stimulasi bayi yang dapat Anda lakukan dalam membantu perkembangan setiap tahap keterampilannya, diantaranya dapat dilakukan seperti berikut :

Pertama yaitu pada keterampilan melihat. Yaitu jarak pandang bayi sekitar 20-25 cm. Anda dapat menstimulasi bayi Anda ketika bayi Anda menyusui, Anda bisa mengajaknya berkomunikasi agar bayi Anda juga merespon Anda. Ajak berkomunikasi serta ajak tersenyum bayi Anda sambil Anda melihat dan menyusui bayi Anda.

Kedua, yaitu keterampilan bayi untuk mendengar. Ia mampu mendengar dan membedakan suara Anda dengan orang lain. Anda bisa melakukan hal-hal seperti mengajaknya mengobrol dan juga bernyanyi-nyanyi agar bayi Anda terbiasa dengan suara Anda, serta Anda bisa juga mengenalkan suara orang lain yang ada di dekat bayi Anda, supaya nantinya bayi dapat mendengar suara dan membedakan antara suara Anda dengan suara orang lain.

Ketiga yaitu keterampilan bayi untuk menendang. Menendang adalah salah satu keterampilan bayi yang suka dilakukan ketika ia mengekspresikan perasaannya, baik ketika perasaannya gembira maupun ketika ia merasakan kejengkelan. Anda bisa membantu dalam keterampilan bayi untuk menendang, seperti memberikan mainan yang dapat berbuyi di kakinya. Sehingga, ketika ia menggerakan kakinya, mainan yang ada pada kakinya itu berbunyi, sehingga ia akan senang ketika kaki yang digerakan untuk menendang tersebut berbunyi.

Itulah stimulasi bayi yang bisa Anda lakukan dari beberapa tahap keterampilan bayi sebagai tahap perkembangannya. Selain yang disebutkan di atas, masih ada lagi keterampilan bayi yang lain seperti menggenggam dan membaui. Membaui yaitu cara bayi untuk mengenali ayah dan ibunya dengan cara mencium baunya. Tentunya Anda sebagai orang tua dapat membantu dengan memberi stimulasi pada bayi Anda agar bayi Anda dapat berkembang dengan baik sesuai dengan tahap perkembangan keterampilannya.