Sekolah tinggi penerbangan Indonesia
Sekolah tinggi penerbangan Indonesia

Cita-cita kebanyakan seorang wanita di masa kecil adalah menjadi penyelamat di bidang kesehatan, seperti dokter, perawat dan bidan. Namun lain halnya dengan seorang laki-laki yang lebih suka menjadi seorang petualang, seperti pilot, nahkoda. Hal ini yang mendorong para laki-laki untuk mau bersusah payah masuk dalam sekolah tinggi penerbangan Indonesia, dimana dari tempat ini kaum adam akan bisa menjadi bagian orang yang melayang di udara.

Menjadi seorang pilot tidaklah mudah, seperti saat harus bisa masuk ke dalam bagian dari sekolah tinggi pilot Indonesia, ada beberapa syarat yang wajib bahkan mutlak di miliki olehnya, yaitu:

  • Tinggi badan minimal 175 cm, ini adalah Standard yang di tetapkan oleh dunia bagi seorang pilot, dimana tidak boleh kurang dari 175 cm.
  • Berat badan ideal.
  • Tidak mempunyai cacat secara fisik, baik buta warna, cacat mata lainnya seperti minum atau silindris.
  • Berasal dari jurusan IPA pada SMA dengan catatan nilai yang harus memenuhi standar.
  • Tidak mempunyai penyakit yang bisa kambuh sewaktu-waktu, seperti epilepsy, ayan.

Seorang pilot memang diharuskan mempunyai fisik yang sempurna karena pekerjaan ini mengharuskan seseorang bertanggung jawab dengan puluhan bahkan ratusan nyawa dalam satu kali terbang. Itulah mengapa siswa yang masuk dalam sekolah tinggi penerbangan Indonesia termasuk manusia pilihan, dimana benar-benar melewati tahap seleksi yang sangat ketat.