Teknik Dasar Bermain Bola Basket Jump Shoot

Teknik dasar bermain bola basket seperti namanya jump shoot menjadi hal yang harus Anda ketahui sebagai salah satu teknik penting lainnya.

Bola basket yaitu salah satu permainan berolahraga yang makin popular di orang-orang Indonesia, baik ditingkat pelajar maupun umum. Pada tingkatan pelajar olahraga yang satu ini mulai jadi pujaan untuk beberapa siswa. Hal semacam ini dapat dibuktikan dari banyak sekolah yang mempunyai tim bola basket. Untuk pelatih, hal yang pertama diajarkan pada atlet atau pemain yaitu mengutamakan pada teknik dasar bola basket seperti halnya jump shoot. Tahukah Anda apa itu jump shoot?.

Untuk Anda yang telah mahir bermain basket tentu saja sudah tidak asing mendengar istilah ini. Salah satu teknik dasar bola basket ini sering di gunakan untuk mendulang banyak point saat bermain basket. Baik tingkat permainan biasa hingga profesional. Kebanyakan point seringnya diperoleh dari jenis shoot yang satu ini. Sebenarnya inti dari gerakan jump shoot ialah semakin tinggi lompatan yang Anda lakukan maka akan semakin baik.

Mengapa semakin tinggi lompatan bisa semakin baik? Ini dikarenakan bila Anda melakukan lompatan dengan tinggi, Anda akan mudah untuk menghindari adanya blok. Saat melakukan teknik dasar bermain basket ini Anda harus menguasai teknik ball, eye, follow through dan elbow. Untuk Anda yang sedang berlatih jump shoot ada beberapa tips yang bisa membantu Anda.

Tips jump shoot tersebut ialah:

• Posisi bola harus berada di depan sedikit ke atas kepala,
• Mata yang dimiliki oleh pemain haruslah selalu fokus serta tertuju di ring atau target sasaran,
• Anda harus mampu menyeimbangkan tubuh. hindari gerakan yang terlalu maju mundur, namun melakukannya dengan relaks,
• Jangan terlalu kencang memegang bola. Bila Anda tidak berhati-hati memegang bola salah-salah saat ingin melakukan jump shoot, bola malah terlepas,
• Lepaskan bola yang Ana pegang saat Anda berada di titik tertinggi sebuah lompatan,
• Hindari mengarahkan bola, namun mengikuti arah bola.

Ada 4 jenis teknik dasar bermain bola basket jump shoot yang harus Anda ketahui, yaitu:

1. Drive jump shoot

Teknik ini ialah teknik dasar seperti dribble dan shooting, untuk dapat melakukan permainan basket yang baik, Anda harus ahli melakukan teknik ini terlebih dahulu,

2. Standing

Jump shoot ini berada di posisi bebas, untuk analogi di dalam permainan ialah pemain akan menerima passing di daerah kosong serta melakukan jump shoot,

3. No charge

Jump shoot ini untuk penjagaan man to man,

4. Quick stop

Teknik ini ialah melakukan jump shoot dengan cara yang kilat.

Dengan mengetahui dari tips dan teknik yang ditelah diinformasikan diatas, dapat diharapkan Anda sudah sedikit bisa berkembang dan bahkan sudah bisa bersaing dengan lainnya.

Untuk melengkapi pola teknik dasar bermain bola basketnya, berikut dibawah ini video yang cukup bagus kita tonton sebagai solusi bersama dalam belajar bola basket.