Kursi Kantor
Kursi Kantor

Kursi kantor jika diibaratkan adalah senjata dalam berperang untuk menuntaskan pekerjaan-pekerjaan yang harus anda selesaikan setiap hari. Apalagi bagi anda yang bekerja selama berjam-jam didepan komputer dan cenderung akan duduk terlalu lama. Padahal sebenarnya untuk anda yang bekerja dengan waktu yang terlampau cukup lama haruslah tetap mementingkan kesehatan agar untuk urusan karier dan kesehatan tetap seimbang. Tentu saja kenyamanan dari kursi yang anda duduki pun harus memiliki kualitas yang cukup baik. Jika anda masih bingung untuk mencari produk kursi kantor yang berkualitas tinggi anda tidak perlu khawatir karena Belifurniture memiliki banyak produk untuk kursi kantor yang tentunya bisa dipilih sesuai dengan selera anda. Tahukah anda resiko-resiko yang yang akan muncul dari kebiasaan anda duduk di kursi yang terlalu lama ketika sedang menyelesaikan pekerjaan?

Ada baiknya anda melakukan gerak minimal 30 menit sekali untuk mengurangi resiko dari penyakit yang bisa muncul akibat duduk yang terlalu lama.  Resiko penyakit ini bisa muncul karena aliran peredaran darah terganggu dan terbatasnya otot dan juga tulang. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa  muncul menyerang karyawan kantoran yang memiliki aktivitas yang terlalu lama duduk :

  1. Penyakit Jantung

Menurut penelitian di Australia menyebutkan bahwa sekitar 46% orang yang terlalu banyak duduk lama akan beresiko terkena penyakit jantung karena duduk terlalu lama di depan komputer ataupun di depan televisi. Di Indonesia sendiri penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan. Penyakit jantung ini beresiko karena terlalu lama duduk dikursi akan memperlambat pembakaran lemak sehingga peredaran akan menjadi terganggu. Belum lagi diperparah karena aliran darah bisa tersumbat karena adanya penumpukan lemak. Jika sudah seperti itu pasukan oksigen yang masuk akan menjadi berkurang sehingga hal itu yang akan menyebabkan serangan jantung.

  1.  Menyebabkan Obesitas

Tidak banyak gerak dan duduk yang terlalu lama menurut para pakar ahli gizi akan menyebabkan obesitas atau juga kegemukan. Bisa juga terjadi karena terlalu banyak makan camilan atau stress yang bisa menimbulkan obesitas. Dalam jurnal kesehatan waktu duduk ideal sebaiknya hanya 1.5 jam kemudian harus diselingi dengan waktu berdiri atau gerak yang cukup lama.

  1. Penyakit Diabetes

Kadar insulin dapat meningkat karena seringnya kita duduk berlama-lama di kursi kerja. Biasanya yang banyak terserang penyakit ini adalah para pekerja wanita.

  1. Sakit Pinggang Dan Leher

Ini adalah masalah yang sangat sering terjadi untuk anda yang sering terlalu lama duduk. Apalagi jika ditambah untuk anda yang sangat jarang untuk meminum air putih maka rasa nyeri biasanya akan timbul ketika sedang tidak bekerja. Hal ini diakibatkan karenan otot yang terlalu kaku akibat duduk terlalu lama.

Kebiasaan lain yang juga bisa memicu resiko penyakit yang telah disebutkan diatas tadi adalah diantaranya sebagai berikut :

  1. Pandangan yang tidak sejajar dengan monitor
  2. Kurangnya pencahayaan di ruang kerja
  3. Mouse terlalu jauh sehingga bisa menyebabkan kejang otot tangan
  4. Kaki sering digantung/tidak menyentuh lantai
  5. Punggung tidak disandarkan dikursi

Panjang uraian diatas menunjukkan bahwa posisi duduk bukanlah suatu masalah yang sepele. Apabila terus dibiarkan lambat laun akan menjadi dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh anda. Tidak heran seringkali banyak keluhan yang dialami oleh pekerja kantoran seperti misalnya sakit punggung, diabetes, nyeri di leher sampai dengan resiko penyakit fatal lainnya. Maka dari itu mulai sekarang anda harus memperhatikan posisi duduk anda dengan benar dan juga mengetahui bagaimana cara untuk mengurangi resiko penyakit dari dampak duduk yang kurang baik. Berikut ini adalah caranya :

  1. Perbanyaklah minum air putih
  2. Idealnya dalam 30 menit sekali anda berdiri dari kursi anda
  3. Untuk kebugaran jika kantor anda berada di lantai yang masih bisa dijangkau pergunakanlah tangga
  4. Menggunakan kursi kantor yang ergonomis
  5. Banyak bergerak karena banyak bergerak itu cerminan hidup yang sehat

Seperti yang telah disebutkan diatas kursi yang ergonomis bisa membantu anda untuk mengurangi resiko penyakit yang bisa timbul. Ergonomis itu sendiri artinya ilmu pengetahuan yang mempelajari untuk membuat suatu alat atau perangkat kerja yang bisa meningkatkan kinerja kerja. Disini sangat jelas kesehatan adalah yang menjadi poin pentingnya. Merawat kursi kantor juga tak kalah pentingnya. Maka dari itu aspek kesehatan dalam bekerja tidak boleh dikesampingkan karena itu menjadi sebuah hal yang penting agar kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik.