generator listrik

Generator listrik adalah salah satu komponen kunci yang menjadi sumber penyedia energi listrik bagi alat-alat elektronik di sektor domestik, maupun alat-alat produksi di sektor industri. Berbagai inovasi dan implementasi teknologi terbaru telah diterapkan pada generator generasi baru agar efisiensi dan efektifitas dalam menghasilkan energi listrik dapat dicapai secara maksimal. Terbaru, generator listrik yang disebut Thermionic Generator mampu menghasilkan energi listrik secara langsung dari panas atau cahaya. Secara teori, generator listrik ini mampu mencapai efisiensi sebesar 40%. Dengan efisiensi sebesar ini, potensi penggunaan generator listrik tersebut akan sangat potensial bagi kebutuhan domestik dan industri.

Bagaimana cara kerja generator listrik ini?

Cara kerja generator listrik berteknologi baru ini sebenarnya memanfaatkan prinsip yang sangat sederhana, yaitu menggunakan perbedaan suhu di antara dua plat metalik yang dingin dan panas. Untuk menciptakan energi listrik, elektron dari plat yang panas dibuat menguap oleh sinar sehingga elektron mencapai plat dingin dan akhirnya terkondensasi. Akhirnya, tekanan yang berbeda di kedua plat tersebut menghasilkan tegangan yang pada akhirnya menjadi energi listrik. Dari semua proses yang berlangsung tersebut, sama sekali tidak ada satu elemen pun yang bergerak. Dengan kata lain, masa pakai generator listrik ini akan jauh lebih panjang dari generator listrik biasa.

Pada umumnya, generator listrik masa kini menggunakan gerakan mekanik melalui induksi elektromagnetik untuk menghasilkan energi listrik. Dengan memutar kumparan kawat di tengah medan magnet, maka akan timbul energi induksi. Dari sinilah arus listrik bolak-balik (AC) dihasilkan. Cara kerja ini jelas sangat berbeda dengan Thermionic Generator. Dengan banyaknya komponen bergerak yang ada pada generator listrik biasa, maka usia generator pun tidak terlalu awet. Keausan komponen dapat dengan mudah terjadi, apalagi jika bahan penyusun generator tersebut tidak berkualitas. Alasan ini juga menjadi pendorong para ilmuwan untuk terus mengembangkan Thermionic Generator.

Sebagai generator listrik yang menggunakan panas atau cahaya sebagai sumber energinya, maka Thermionic Generator bisa diaplikasikan pada banyak sekali teknologi energi baru terbarukan, seperti energi matahari atau energi panas bumi, secara efektif dan tanpa merusak lingkungan dengan polusi. Meski penerapan generator ini secara massal masih sulit, namun seiring dengan perkembangan teknologi semikonduktor saat ini, maka bukan tidak mungkin generator jenis baru ini bakal menjadi favorit di sektor domestik dan sektor industri sebagai generator listrik paling menguntungkan yang pernah ada.