Asuransi kendaraan adalah jenis asuransi yang dapat memproteksi atau menjamin kendaraan anda dari berbagai macam jenis resiko ataupun kerugian berupa kerusakan yang diakibatkan oleh berbagai macam hal. Sesuai dengan konsep dasar dari asuransi sendiri yaitu mengalihkan berbagai macam kerugian finansial yang menimpa tertanggung kepada penanggung dengan pembayaran premi asuransi kepada pihak penanggung atau perusahaan asuransi. Dalam mencari asuransi terbaik seperti asuransi mobil terbaik, sebenarnya di Indonesia sendiri sudah tidak terlalu sulit. Karena pada dasarnya semua jenis asuransi juga bertujuan baik asalkan dalam memilih produk asuransi tepat memilih mana yang harus dibeli dan mana yang tidak harus anda beli, agar premi yang anda keluarkan tidak sia-sia. Lalu bagaimana cara memilih produk asuransi kendaraan yang baik ? berikut adalah tipsnya.

Pertama anda harus mengetahui berbagai macam produk asuransi kendaraan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Biasanya untuk pilihan produk asuransi properti cukup banyak seperti asuransi kendaraan perlindungan terhadap banjir, kehilangan, perusakan dan banyak jenis produk lainnya yang dapat anda pilih. Untuk asuransi kehilangan yang biasa disebut dengan TLO (total loss only) anda hanya akan menerima tanggungan dari pihak penanggung atau perusahaan asuransi jika kendaraan yang anda asuransikan mengalami kehilangan. Untuk kerusakan atau kerugian selain kehilangan maka pihak asuransi tidak akan bertanggung jawab. Jadi pada intinya satu jenis produk hanya dikhususkan untuk satu jenis kerugian saja. Jadi pintar-pintar lah dalam memilih, jika anda merasa tinggal di daerah yang rawan banjir maka cobalah untuk memilih produk banjir saja.

Tapi ada satu lagi yang merupakan gabungan dari berbagai macam resiko kerugian yaitu asuransi kendaraan komprehensif atau all risk, yang mana semua jenis kerugian yang diakibatkan oleh berbagai jenis kerusakan seperti yang diakibatkan oleh perusakan, kerusakan yang disebabkan banjir, kehilangan dan lain-lain semuanya dapat ditanggung dengan produk all risk tersebut. Tapi pembayaran premi jenis all risk ini merupakan premi yang mahal namun merupakan asuransi mobil terbaik, jadi sesuaikanlah produk asuransi anda dengan keadaan finansial anda.