Siapa bilang sampah organik tidak bermanfaat sama sekali dan hanya layak dibuang begitu saja? Nyatanya, semua jenis sampah termasuk jenis organik mempunyai banyak manfaat jika anda mampu mengelolanya dengan baik. Hal ini juga akan sangat memberi pengaruh positif pada lingkungan untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman, bersih dan terhindar dari berbagai jenis penyakit akibat penumpukan sampah yang melebihi kapasitas seharusnya.

Ada beberapa tips kreatif yang bisa anda lakukan untuk mengelola sampah jenis organik menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, antara lain:

• Mengubahnya menjadi prakarya.
Sampah berjenis organik yang berasal dari kulit bawang atau kulit jagung bisa disulap menjadi pajangan dan kolase yang menarik untuk menghias sudut ruangan.
• Mengolahnya menjadi kompos.
Daur ulang sampah dari bahan organik menjadi kompos berguna untuk menyuburkan tanaman secara efektif.
• Memanfaatkannya sebagai biogas.
Biogas dari bahan organik yang membusuk sangat berguna untuk menghindari polusi dan menjadi sumber energy alternative.

Selain itu, sampah yang berasal dari bahan organik juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan campuran pakan ternak atau hewan peliharaan. Dengan melakukan bberapa tips tersebut, maka anda sudah berhasil memaksimalkan dan memanfaatkan keberadaan sampah dengan baik menjadi sesuatu yang jauh lebih berguna bahkan memiliki nilai jual. Jadi tidak ada salahnya anda mencoba untuk membiasakan diri memanfaatkan sampah organik demi kepentingan bersama dan menciptakan lingkungan hidup yang lebih sehat.