Bisnis kaos ataupun bisnis busana muslim sudah banyak di geluti oleh banyak orang. Betapa tidak menjanjikannya bisnis ini, semakin hari semakin banyak model yang baru bisa kita lihat di promosikan di media-media sosial ataupun media online lainnya yang dipakai para pebisnis konveksi untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produknya.

Lapangan kerja yang terbatas di negara kita memaksa kita untuk bisa menjadi kreatif dalam mengeruk rupiah. Bagi anda yang sedang ingin memulai bisnis konveksi rumahan anda saya punya tips untuk dibagikan kepada anda, berikut adalah tips-tips tersebut.

  1. Perencanaan

Tentu saja ini akan menjadi hal sangat utama dan terpenting. Tanpa sebuah perencanaan segala sesuatu tidak mungkin berjalan mulus dan lancar. Anda harus merinci dengan detail perencanaan bisnis anda mulai dari modal awal, merekrut karyawan, membeli perlengkapan konveksi, membuat desain, memproses, bahan baku, packing, menjual, analisis competitor, promosi, dan analisis untung dan rugi.

 

  1. Modal

Modal untuk memulai usaha anda dapat anda mulai dengan dana pinjaman dari bank ataupun dari tabungan anda sendiri.

 

  1. Desain Pakaian

Desain bagi pakaian anda adalah nyawa. Desain merupakan hal yang paling penting, karena orang-orang pecinta mode terutama kaos-kaos distro yang pertama kali dilihat adalah desain dari kaos itu sendiri. Bila anda bisa mendesain sendiri kaos anda, itu akan sangat menguntungkan bagi konveksi anda. Tapi bila anda tidak memiliki bakat menjadi seorang desainer anda cukup merekrut orang yang sudah berpengalaman dalam desain pakaian untuk mendesain produk-produk pakaian anda. Buatlah desain yang diinginkan pasar dan sesuai trend atau mode masa sekarang. Jika anda memilih desain sesuai keinginan anda sendiri saya takutkan kalau selera anda berbeda dengan selera orang banyak. Dengan menggunakan desain yang menurut selera pasar maka anda seperti sedang berjalan pada jalur aman dimana anda tidak perlu khawatir kalau kaos anda tidak dilirik karena sudah ada pasarnya.

 

  1. Bahan

Jika anda sudah dapat desain-desain yang keren sesuai selera pasar maka selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah bahan. Anda harus bisa memastikan bahan anda sesuai dengan desain yang sudah anda siapkan sebelumnya. Jika konveksi yang anda tekuni adalah kaos distro maka lebih baik gunakan bahan yang memiliki kualitas bagus seperti cotton dan jangan anda membeli bahan lacoste untuk konveksi kaos distro anda karena lacoste adalah bahan untuk kaos kemeja yang hanya cocok dipadukan dengan bordiran.