Sumber : https://www.colourbox.com/image/mouse-hand-cursor-pointing-internet-www-address-image-1744601
Sumber : https://www.colourbox.com/image/mouse-hand-cursor-pointing-internet-www-address-image-1744601

Ketika Anda menentukan untuk menjadi blogger, apa hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah nama atau alamat dalam blog, bukan? Apakah sesuatu yang keren, bagus, lain dari yang lain? Tentu seorang blogger mempunyai tujuan sendiri dalam mengelola blognya. Namun, jangan sampai hanya karena ingin terlihat mempunyai alamat domain yang keren, blog Anda menjadi kurang dikenali indeks mesin pencari otomatis.

Ternyata ada beberapa hal yang harus ditinjau sebelum menentukan domain alamat blog. Berikut ide dan pertimbangan sebelum memulai menjadi blogger.

Tentukan Tujuan Blog Anda

Hal pertama dan paling penting adalah menentukan tujuan dalam pengelolaan blog Anda. Jika Anda bertujuan untuk mengulas segala sesuatu mengenai makanan, tentu alamat domain yang dibuat harus berkaitan dengan makanan. Anda tidak mungkin bisa menentukan alamat domain yang tidak sesuai dengan tujuan blog. Artinya, jika tujuan utamanya mengenai makanan, Anda bisa menggunakan alamat seperti yourfoodguide.net atau healthyfood.net. Dari alamat tersebut pembaca akan dapat mengmbayangkan mengenai isi dan konten yang terdapat di dalam blog.

Pilih Alamat yang Mudah Diingat

Pembaca tentu sulit mengingat halaman blog panjang dan rumit. Artinya, kemungkinan besar pembaca akan cepat lupa dengan blog Anda. Selain itu, penggunaan alamat yang mudah diingat juga memungkinkan pembaca untuk menceritakan atau membagi pengalaman membaca blog kepada orang lain, sehingga eksistensi blog meningkat.

Tentukan Sasaran Pengunjung

Nama domain yang digunakan dalam blog ada baiknya disesuaikan oleh sasaran pengunjung. Misalnya blog dengan target anak-anak, Anda harus menggunakan alamat yang sangat simple dan mudah diakses. Beda halnya jika sasaran Anda adalah pasangan suami istri, yang tentunya dapat menggunakan kata kunci yang berhubungan langsung dengan kehidupan berumah tangga.

Memilih Ekstensi Domain yang Tepat

Dengan memilih ekstensi domain yang tepat, blog Anda akan lebih mudah dikenali oleh mesin pencarian otomatis. Ekstensi seperti .net yang juga menjadi salah satu TLD terpopler, akan lebih dikenali ketimbang dengan domain gratis lainnya.

Gunakan Nama Produk Jika untuk Berbisnis

Pemilihan nama domain juga bisa disesuaikan dengan nama produk. Misalnya blog fashionbranded.net dapat menunjukan bahwa konten dan isi di dalamnya merupakan kumpulan penjualan pakaian bermerk.

Seperti halnya coffeesmithjkt.net yang berisikan tentang story dan katalog dari Coffeesmith. Muhammad Aga menggunakan nama domain yang sesuai dengan brandnya. Lewat website tersebut, Aga berkomunikasi dan mendistribusikan apa yang dia suka ke banyak orang dan membuat identitas Coffeesmith lebih dipercaya orang. Kamu bisa cek videonya https://youtu.be/8y9YXWrZTUI untuk mendengar bagaimana .net membantunya.

Setelah semuanya dirasa cukup dan sudah menentukan alamat blog yang akan dikelola, Anda tinggal mengoptimasi domain yang telah dibuat. Domain .net adalah ekstensi domain yang memberikan banyak keuntungan bagi penggunannya. Domain .net, memfasilitasi blog semakin meningkat dan teroptimasi pada mesin pencari sehingga lebih mudah ditemukan. Untuk itu informasi mengenai .net silakan jawabkenapamudengan.net.

Semoga tips yang diberikan menjadi langkah awal Anda untuk menjadi blogger yang sukses.

Tinggalkan balasan