tumbuh kembang bayi
tumbuh kembang bayi

Saat buah hati mengalami masa tumbuh kembang bayi, orangtua memang wajib memantau apapun yang dialami anak. Perubahan itu pasti terjadi. Tanpa disadari seiring berjalannya waktu anak bertumbuh menjadi bukan balita lagi, bahkan beberapa tahun kemudian anak akan masuk ke tahap remaja. Jadi, ikuti terus tumbuh kembang mereka agar Anda tidak melewatkan satu perubahan pun dari mereka.

Orangtua harus serius memperhatikan pertumbuhan anak di usia balita hingga 12 tahun. Bukan berarti pertumbuhannya di masa remaja tidak perlu mendapatkan perhatian, tetapi usia bayi hingga 12 tahun lebih membutuhkan perhatian Anda secara ekstra. Berikut adalah tips untuk memantau perkembangan anak usia 0-12 tahun:

• Rutin mengukur tinggi dan berat badannya. Pastikan ia mendapatkan berat dan tinggi badan yang sesuai dengan anak seusianya.
• Penuhi kebutuhan gizi dan nutrisi untuk tubuhnya.
• Perhatikan kegiatannya di sekolah atau luar sekolah, apakah kegiatan tersebut bermanfaat dan positif.

Pemerhatian tumbuh kembang buah hati tak bisa sembarangan. Karena bisa-bisa mereka merasa diawasi terlalu berlebihan. Lakukan pendekatan diri terhadap anak, bangun komunikasi yang baik agar ia lebih terbuka dengan Anda. Setelah mereka terbuka pada Anda, maka mereka dapat mengutarakan apapun persoalan atau kegiatan yang mereka alami. Pastikan Anda selalu ada dalam masa tumbuh kembang anak dan tidak melewatkan satu hal pun.