Cafe customer doing paperwork --- Image by © Helen King/Corbis

Ketika pelamar sedang cari kerja yang sesuai dengan kemampuan dan Anda masuk ke tahap seleksi berikutnya, wawancara ataupun tes psikotes tergantung dari pihak perusahaan akan mengadakan tes tertulis terlebih dahulu atau tes wawancara walaupun sebagian besar akan mengadakan tes tertulis dahulu. Tes psikotes merupakan tes yang dilakukan untuk menguji dan mengetahui mengenai karakter dari calon karyawan yang dimulai dari tes kepribadian, tes penalaran dan tes IQ.

Di psikotes terdapat beragam soal dan soal matematika merupakan soal yang paling banyak dihindari. Tes aritmatika terdiri dari deretan angka dan tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan analisa dengan memahami pola tertentu. Tips untuk mengerjakan tes ini diantaranya adalah perhatikan pola keseluruhan dan jangan terpaku pada 3-4 angka pada deretan terdepan, jangan lupa tentang batas waktu pengerjaan saat Anda sedang terpaku saat mengerjakan soal yang hendak dipecahkan. Untuk melatih kemampuan, dapat dilakukan dengan mengerjakan materi deret ukur pada buku tes SPMB/UMPTN.

Tes kedua adalah tes logika penalaran yang bentuk soalnya terdiri dari deret angka 2 atau 3 dimensi untuk dapat mengukur kemampuan berdasarkan pola gambar sehingga dapat melakukan dan memberikan prediksi berdasarkan pada pola gambar yang diberikan. Tips untuk mengerjakan test ini adalah berkonsentrasi dan mengerjakannya dengan hati-hati dan teliti karena bentuk atau pola gambar hampir sama.

Tes ketiga adalah analog verbal yang berisi soal mengenai sinonim/analog kata atau antonim kata yang tujuannya untuk memahami mengenai sebab-akibat permasalahan. Tips mengerjakan tes ini adalah menghafal soal dan jawaban jika Anda memiliki masalah untuk berkonsentrasi dan memiliki masalah dengan logika karena soal yang diberikan relatif sama. Tes lain yang mungkin ada di psikotes adalah Army Alpha Intelligence yang terdiri dari 12 soal kombinasi dari deretan angka dan bentuk dan terkadang terdapat kaitan dengan soal yang sebelumnya. Tipsnya adalah berkonsentrasi dan sabar.

Psikotes yang mungkin muncul adalah EPPS atau Edwards Personal Preference Schedule yang berisi mengenai pilihan jawaban yang mencerminkan mengenai kepribadian Anda dan bertujuan untuk mengetahui motivasi, kebutuhan dan motif seseorang. Tips untuk mengerjakannya yaitu:

  • Jawab pertanyaan sesuai dengan kondisi Anda yang sebenarnya atau yang mendekati.
  • Jika tidak ada jawaban yang mendekati atau dapat diakali, dapat disesuaikan pada lowongan pekerjaan yang Anda pilih.
  • Memperbaiki diri seperti profesional yang akan jujur, menepati janji, disiplin dan tanggung jawab.

Psikotes selanjutnya yang harus dikerjakan setelah lolos seleksi dari loker khususnya lowongan bank adalah menggambar. Dari tes tersebut dapat diketahui karakter seseorang berdasarkan gambar yang dibuat dan tebal tipisnya garis yang dibuat. Tips untuk psikotes ini yaitu:

  • Draw man test (tes menggambar orang) untuk mengetahui kepercayaan diri, tanggung jawab, ketahanan kerja dan kestabilan. Tipsnya yaitu:
  • Menggambar orang secara utuh dari kepala hingga kaki dan memperlihatkan detail mulai dari mata, mulut, hidung, telinga.
  • Sebaiknya menggambar orang yang sedang beraktivitas misalnya mencangkul atau menenteng tas.
  • Tips untuk drawing tree (menggambar pohon) yaitu:
  • Gambar pohon yang bukan merupakan pohon monokotil atau berbiji tunggal. Gambarlah pohon yang besar dan berkambium yang memiliki kekuatan.
  • Jika bisa, usahakan untuk menggambar pohon secara detail dan rinci misalnya bentuk daun, buah, akar, tangkai.
  • Untuk melatihnya, Anda dapat menggambar berdasarkan pada gambar pohon yang dipotret.
  • Menggambar rumah pohon orang atau house tree person dengan trik adalah semakin besar ukuran rumah, akan semakin berpengaruh pada kehidupan dan usahakan untuk detail.

Tinggalkan balasan