Pada saat membeli perabot baru, anda senang memakai dan memandangnya karena tampak berkilau. Namun seiring berjalannya waktu, perabot anda ada tampak kusam dan penuh bekas noda. Apalagi jika yang mengalami itu adalah perabot khusus penyajian seperti piring, mangkuk, sendok, garpu dan gelas. Tentu anda merasa malu juga apabila dipersembahkan untuk tamu. Sabun pencuci piring biasa hanya membersihkan, tidak mampu mengembalikan kilau perabot anda.

Kusamnya peralatan dapur sesungguhnya dapat diatasi dengan mengoles beberapa bahan alami yang dapat dengan mudah anda temukan di pasar. Bahan-bahan ini terdiri dari buah dan sayur yang berkhasiat mengembalikan kilau perabot memasak anda, yaitu:

• Kulit pisang
Kulit pisang dapat membuat peralatan memasak dari perak bersinar kembali. Cukup oleskan pada barang dan beri sedikit air.
• Mentimun
Sayur ini dapat membersihkan bahan dari stainless steel agar nampak bersinar kembali seperti baru.
• Teh
Gunakan teh celup untuk membersihkan bahan dari kayu
• Lemon
Digunakan untuk menghilangkan bau pada talenan kayu. Tak hanya itu, lemon juga dapat menghilangkan noda yang menempel pada talenan. Cukup oleskan dan diamkan beberapa saat.
• Tomat
Tomat dapat pula digunakan untuk mengembalikan kilau perkakas yang terbuat dari perak.

Ternyata bahan alami di sekitar anda sangat berfungsi bagi perawatan perabot dapur. Selain tampak berkilau, perabot-perabot tersebut juga tidak meninggalkan aroma tak sedap.