Tips Modifikasi Mobil Tua, Tak Hanya Sekedar Mengecat Ulang

Memodifikasi mobil adalah hal yang membuat ketagihan. Anda yang pernah melakukannya pasti gatal untuk ingin mengutak-atiknya lagi ketika ada aksesoris baru. Modifikasi sangatlah berguna jika Anda memiliki mobil tua agar bisa kembali fungsional lagi seperti baru. Anda yang berniat mempermak mobil tua Anda, baca dulu tips modifikasi mobil berikut ini!

Satu hal yang harus Anda sadari sebelum melakukan modifikasi pada mobil tua adalah banyaknya tantangan yang ada. Misalnya saja:

  • Biaya memodifikasi mobil yang berumur sangatlah besar, apalagi kalau Anda berencana membeli spare part asli.
  • Berbicara tentang spare part, bisa jadi spare part aslinya bahkan sudah tak dijual di pasaran.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk modifikasi bisa sangat lama, mencapai waktu tahunan.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk menghadapi tantangan di atas? Modifikasi untuk mobil-mobil yang sudah berumur ini bisa mencapai harga ratusan juta Rupiah, belum lagi waktu yang Anda perlukan untuk memastikan bahwa modifikasi yang sudah Anda implementasikan benar-benar bekerja sebagaimana mestinya. Kalau Anda tidak ingin menghadapi resiko tersebut, sebaiknya Anda lupakan saja urusan modifikasi mobil ini.

Tapi kalau Anda memang sudah menetapkan hati untuk melakukannya, silahkan ikuti tips modifikasi mobil tua berikut ini agar terasa seperti mobil baru:

  1. Bersihkan dulu

Sebelum melakukan modifikasi apapun, bersihkan mobil Anda secara menyeluruh, dari karpet sampai bagian bawah mobil, bahkan mesin-mesinnya. Ini sekaligus memberikan Anda kesempatan untuk memeriksa kondisi mobil secara keseluruhan.

2. Ganti bagian kokpit

Bagian-bagian kokpit mobil misalnya saja setir mobil, speedometer, dan juga dashboard. Gantilah dengan yang lebih baru dan modern sehingga proses mengemudi lebih aman dan nyaman.

3. Mengganti seat cover

Seat cover pada mobil yang tua akan semakin rusak seiring dengan waktu. Agar mobil terasa baru lagi, saatnya bagi Anda untuk menggantinya.

4. Memperbaharui peralatan elektronik

Contohnya saja adalah sound system mobil yang sudah kuno. Anda bisa menggantinya dengan yang lebih baru, yang memiliki USB port, dan juga koneksi bluetooth.

5. Memperbaiki sistem pembuangan

Dengan mengganti sistem pembuangan yang lama, airflow akan lebih lancar, dan Anda juga mendapatkan ekstra tenaga.

6. Cat ulang

Cara termudah untuk memodifikasi mobil tua adalah mengecatnya sehingga tampak baru dan bersinar kembali. Anda juga bisa menambahkan strips dan aksen agar mobil terlihat lebih keren.

7. Ganti ban dan velg

Ban yang baru mencengkeram tanah lebih kuat, lebih aman di jalan. Ditambah velg yang ringan, ini membuat mobil berakselerasi lebih cepat, dan pengereman lebih pakem.

Selain hal-hal di atas, ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika Anda akan memodifikasi mobil:

  • Kurangi beban mobil, sehingga mileage menjadi lebih baik, dan mobil bisa melaju dengan lancar.
  • Ganti sabuk pengaman, pedal rem dan gas, serta lakukan upgrade pada mesin agar performa dan keselamatannya lebih baik.
  • Tapi ingat, jangan mengganti mesin dengan tenaga yang terlalu tinggi, yang tak cocok dengan mobil Anda.
  • Ganti oli secara berkala, dan pakai jenis yang terbaik.

Agar tidak ada masalah ketika Anda melakukan modifikasi pada mobil Anda, bawalah ke bengkel yang sudah berpengalaman dengan mobil-mobil lama. Mereka juga bisa membantu Anda mencari spare part yang tepat, sehingga Anda tak kesulitan menentukan mana yang terbaik. Ikutilah tips modifikasi mobil tua di atas, dan Anda akan merasakan sendiri bahwa mobil lama Anda ternyata tak kalah dengan yang baru.

Tinggalkan balasan