pertolongan pertama pada kecelakaan luka bakar
pertolongan pertama pada kecelakaan luka bakar

Luka bakar yang dialami oleh siapa saja penting untuk cara melaksanakan pertolongan pertama pada kecelakaan luka bakar agar tidak mengalami suatu bahaya yang tidak diinginkan. Untuk mengenai luka bakar maka pertama perlu untuk mengenal tingkat keparahan luka bakar itu. Hal ini penting untuk menentukan jenis perawatan yang akan dibutuhkan.

Untuk luka bakar dalam tingkat tinggi lukanya 25 persen dari keseluruhan kulit bagi orang dewasa dan lebih dari 20 persen bagi anak-anak. Untuk luka bakar level sedang luka 15-25 persen untuk orang dewasa dan 10-20 persen untuk anak-anak. Sedangkan untuk luka level ringan lukanya 15 persen untuk orang dewasa dan 10 persen untuk anak-anak. Hal ini perlu untuk diperhatikan.

Berikut ini tips pertolongan pertama pada kecelakaan luka bakar sesuai dengan penelitian para ahli kesehatan, antara lain:

  • Dinginkan terlebih dahualu luka bakar dengan aliran air bersuhu 15 derajat kurang lebih selama 20 menit. Hal ini sangat berguna untuk mendinginkan luka bakar, mengurangi rasa nyeri dan mengurangi adanya pembengkakan. Hindari untuk membasuh bekas luka dengan menggunakan es karena jenis es yang dingin akan mengakibatkan pembuluh darah menjadi mengkerut sehingga bisa memperberat suhu dari bekas luka dan mengalami resiko yang tidak diinginkan.
  • Bisa mengkonsumsi jenis obat sejenis paracetamol atau jenis obat anti peradangan. Seperti opiods dan ibuprofen yang dapat mengurangi adanya rasa nyeri
  • Segera tutup bekas luka bakar dengan menggunakan kain kasa agar mencegah adanya hipotermia. Yaitu sutau kondisi tubuh yang kesulitan dalam mengatasi tekanan suhu yang dingin.

Itulah tips efektif pertolongan pertama pada kecelakaan luka bakar yang bisa dijadikan bahan referensi dan rekomendasi bagi siapapun yang secara tiba-tiba mengalami luka bakar akibat sesuatu hal. Bagi masyarakat yang membutuhkan berbagai macam informasi tentang luka bakar dan cara mengatasinya serta informasi penting yang lain, bisa langsung mengakses futuready. Salah satu situs terbaik dengan kajian informasi yang bermanfaat, terbaru dan hangat. Memiliki ribuan pengunjung setiap harinya.