tips sehat ibu hamil
tips sehat ibu hamil

Ibu yang baru saja mengetahui tengah hamil memerlukan banyak tips sehat ibu hamil untuk menghindari resiko keguguran. Sebab pada masa awal, terutama di trimester pertama, kondisi kesehatan ibu akan menurun. Sebab kondisi tubuh mengalami perubahan dan beradaptasi dengannya, masalah seperti mual, kepala pusing, lemah, dan sebagainya kerap dialami. Diperlukan beberapa upaya untuk menguatkan kesehatan sang ibu sehingga tidak ada resiko keguguran atau dapat ditekan semaksimal mungkin.

Bagi yang tengah menikmati masa awal kehamilan, berikut tips sehat seputar ibu hamil yang bisa dicoba untuk menghindar dari kemungkinan janin gugur:

  1. Mengurangi intensitas berhubungan badan,

Banyak orang yang mengalami keguguran di awal masa kehamilan sebab kondisi janin yang memang masih lemah. Sebagai ibu yang melindungi anaknya, usahakan untuk mengurangi intensitas berhubungan badan dengan suami. Sebab jika dilakukan terlalu sering akan membuat posisi janin semakin lemah dan mudah mengalami keguguran. Sangat dianjurkan bagi setiap pasangan yang menjalani masa kehamilan terlebih dahulu mengkonsultasikan masalah tersebut dengan dokter kandungan yang dipilih.

  1. Tidak menggunakan baju yang terlalu ketat,

Jika terbiasa menggunakan baju yang menempel ketat di kulit, maka setelah tahu tubuh tengah hamil usahakan merubah gaya berbusana yang selama ini dimiliki. Ganti ukuran baju yang lebih besar atau bila perlu sangat longgar mengingat selama kehamilan perut akan bertambah terus ukurannya. Baju yang terlalu ketat akan membuat tubuh tidak nyaman sekaligus mengganggu pertumbuhan janin di dalam perut. Apalagi jika baju tersebut terlalu ketat di area perut maka resiko keguguran akan semakin besar sehingga harus dihindari.

  1. Menghindari asap rokok,

Beberapa wanita sudah terbiasa menghisap rokok, dan ketika hamil sebaiknya mencoba dihilangkan sama sekali. Merokok bisa membuat bayi terlahir cacat maupun lahir dengan bawaan penyakit di dalam tubuhnya. Biasanya berupa masalah kesehatan jantung, paru-paru, dan juga masalah kesehatan lain yang disandang sejak lahir. Hindari pula asap rokok sebab akan lebih berbahaya bagi ibu karena menjadi perokok pasif. Memperhatikan tips sehat ibu hamil sangat penting tidak hanya dari dalam namun juga dari luar tubuh.